Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin di Nagari Malampah Kabupaten Pasaman

  • Depi Zahrawati Universitas Negari Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
Keywords: Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan, keluarga miskin

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin sekaligus mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung keberhasilan implementasi program di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Hal ini penting karena jumlah keluarga penerima bantuan PKH di Nagari Malampah lebih banyak dari nagari lain yang ada di Kecamatan Tigo Nagari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, Koordinator Kabupaten, Pendamping PKH di Nagari Malampah dan masyarakat penerima bantuan PKH. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi kepada narasumber terkait. Hasil penelitan menunjukan bahwa pelaksanaan program keluarga harapan sudah berpatokan kepada peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018. Namun dari masyarakat penerima bantuan PKH masih ada yang tidak berkomitmen terhadap kewajibannya seperti tidak menghadiri posyandu oleh ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun, tidak menggunakan dana bantuan anak sekolah untuk keperluan pendidikan, tidak menghadiri pertemuan kelompok yang diadakan sebulan sekali. Faktor penghambat dan pendukung implemntasi program keluarga harapan dilihat dari komunikasi pendamping dan masyarakat sudah baik, sumber daya seperti staf dan fasilitas untuk nagari malampah masih kurang.

.

References

Aneta, Asna. 2010. “Implementasi Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di Kota Gorontalo. Dosen Universitas Negeri Gorontalo”. Jurnal Adminitrasi Publik, Vol. 1 No. 1 Tahun 2010.
Anggraini, Dian. “Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sako Palembang”. Jurnal Pemerintahan dan Politik Global Vol. 3 Nol. 3 Tahun 2018 (ISSN: 2502-2032)
Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Hikmat, R. Harry. 2017. Pedoman pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Kementerian Sosial RI.
Kasim, Muslim. 2006. Karakteristik kemiskinan di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Jakarta. Indomedia
Manongga, Alman, Sofia Pangemanan dan Josef Kairupan. “Implementasi Program Keluarga Harapan dalam mengentas kemiskinan di Kelurahan Pinokalan Kota Bitung”. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Vol. 1 No. 1 Tahun 2018 (ISSN:2337-5736)
Mulyadi, Deddy. 2016. Studi kebijakan public dan pelayanan publik. Bandung. Alfabeta.
Nurhadi. 2007. Mengembangkan jaminan sosial Mengentaskan Kemiskinan.Yogyakarta. Media Wacana.
Oktaviani dan Henni Muchtar. 2019. “Implementasi Program Kampung Bantar (Bersih, Aman, dan Pintar di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi”. Jurnal Civic Education (ISSN:2622-237X) Volume 2 Nomor 4 Tahun 2019.
Oktaviani, Resy dan Fatmariza. 2019. “Implementasi Program Keluarga Harapan dalam pengentasan kemiskinan di Pesisir Selatan”. Jurnal Civic Education (ISSN:2622-237X) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2018.
Permana, Arif Citra, Cahyo Sasmito dan Cakti Indra Gunawan. “Implementasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Keluarga Harapan untuk Memutus rantai kemiskinan di Kota Malang”. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan Vol. 10 No. 2 Tahun 2018.
Tirani, Oktavia. “Implementasi Program Keluarga Harapan di Dinas Sosial Kabupaten Poso”. Jurnal Katalogis Vol. 5 No. 6 Tahun 2017 (ISSN:2302-2019)
Yunus. 2014. Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Kebijakan (fungsi-fingsi manajemen). Majalengka. Unit Penerbitan Universitas Majalengka
Published
2019-01-25
How to Cite
Zahrawati, D., & Muchtar, H. (2019). Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin di Nagari Malampah Kabupaten Pasaman. Journal of Civic Education, 1(4), 384-394. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.318
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>