Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji

  • Intan Ratna Juita Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: strategi, pemberdayaan, masyarakat, posdaya

Abstract

Saat ini masih terdapat masyarakat miskin yang yang dinilai belum mampu dalam mencukupi kebutuhan dasarnya sehari-hari. Hal ini terjadi pada masyarakat pra sejahtera khususnya pada masyarakat yang belum diberdayakan untuk mampu menciptakan mata pencahariannya sendiri atau untuk meningkatkan pendapatan dalam keluarga. Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan masyarakat melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda dan dampak yang diperoleh anggota melalui pemberdayaan yang dilakukan Tabur Puja dan Bank Sampah. Informan penelitian ditentukan secara purposive yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari Ketua Posdaya Permata Bunda, Pengurus Bank Sampah, Pengurus Koperasi, Anggota Tabur Puja, dan Nasabah Bank Sampah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis mengacu kepada tahapan analisis data Milles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, pemeriksaan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Tabur Puja yaitu melalui sosialisasi, pemberian motivasi, analisis usaha, pemberian pinjaman, survey ke tempat usaha, dan pertemuan rutin. Sedangkan pada Bank Sampah yaitu melalui sosialisasi, pemberian motivasi, menyetor sampah, pelatihan membuat kerajinan, dan pertemuan rutin. Dampak yang diperoleh anggota melalui Tabur Puja yaitu dampak ekonomi yang meningkatkan penghasilannya. Sedangkan pada Bank sampah, dampak yang diperoleh nasabah juga dampak ekonomi dan dampak lingkungan yang menjadikan lingkungan bersih, sehat, dan nyaman.

References

Mardikanto, Totok & Soebiato, Poerwoko. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Muljono, Pudji., dkk. 2011. 101 Cara Mengenal Posdaya. Bogor : IPB Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Penerbit Alfabeta.
Moleong. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muljono, Pudji., dkk. 2016. Evaluasi Kinerja Posdaya Sebagai Program Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Sosiohumaniora. No 2 Vol 18. Hlm. 123-130.
Karlina, Restu., dkk. 2016. Analisis Implementasi Kebijakan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Kota Malang. Jurnal Ilmu Pemerintahan. No 6 Vol 2. Hlm. 112-119.
Mardi. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Posdaya Pada Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. No 2 Vol 2. Hlm 355-371.
Syamsuadi dan Zainuddin. 2018. Strategi Pos Pemberdayaan Keluarga dalam Penguatan Fungsi Kelembagaan Sosial di Kelurahan Binawidya Kota Pekanbaru. Jurnal Dinamika Pemerintahan. No 2 Vol 2. Hlm 99-109.
Kusumadinata dan Fitriah. 2016. Analisis Komunikasi Partisipasi Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Kota Bogor. Jurnal Komunikatio. No 2 Vol 2. Hlm 97-106.
Bachtiar, Yannefri. 2016. Posdaya Bina Sejahtera Kota Bogor sebagai Model pemberdayaan Kemandirian Masyarakat Akar Rumput. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. No 1 Vol 2. Hlm 31-38.
Noviani, Annisa. 2015. Hubungan Antara Tingkat Partisipasi Anggota Dengan Kelancaran Program Tabur Puja di Posdaya Sejahtera Kota Bogor. Skripsi : IPB
Maulidah, Hanafiah. 2017. Analisis Potensi Nilai Ekonomi Sampah Dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (Studi Kasus : Bank Sampah Srikandi Berdikari, Desa Pasarean, Kabupaten Bogor). Skripsi : IPB
Anggarini, Jean. 2013. Dampak Bank Sampah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan (Studi Kasus Bank Sampah Cempaka II di Kelurahan Pondok Petir Rw: 09) Bojongsari Kota Depok. Skripsi : UIN
Published
2019-01-25
How to Cite
Juita, I., & Fatmariza, F. (2019). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji. Journal of Civic Education, 1(4), 395-406. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.319

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>