Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang

  • Zurahmi Dewi UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: penanaman, karakter, gerakan literasi sekolah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter serta kendala-kendala penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang. Artikel ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan merosotnya karakter peserta didik. Program Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti melalui Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitiannya meliputi kepala sekolah, ketua gerakan literasi sekolah, guru-guru, petugas perpustakaan serta siswa-siswa SMP Negeri 18 Padang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data melalui tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 18 Padang ialah penanaman nilai karakter disiplin, kreatif, tanggung jawab, dan gemar membaca. Serta masih terdapatnya kendala-kendala pelaksanaan penanaman karakter dalam program Gerakan Literasi Sekolah diantaranya. Kebiasaan siswa yang kurang disiplin terhadap waktu, kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang berbeda-beda,  dan kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap pengumpulan tugas, kurangnya waktu yang tersedia untuk membaca di sekolah dan kurangnya ketersediaan buku bacaan di sekolah. 

References

Anwar, Shabri Shaleh. 2014. Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal ilmiah Psikologi, 1(1):14
Ariyanti. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pembentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 1(1)
Batubara, Hamdan Husein. 2018. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di
Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar,1(4):17. P-ISSN 2540-9093. E-ISSN 2503-0558.
Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hendrawan, Budi. 2017. Kajian Aplikatif Penanaman nilai-nilai karakter siswa melalui Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, 1(2)
Hidayati, Reny Nuril. 2017. “Internalisasi nilai-nilai pendidikan Karakter Dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas 2 di Sekolah Dasar Muhammadiyah 9 Kota Malang”. Skripsi. Malang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Imanugroho, Satrio. 2017. Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta didik SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan.
Julandi, Galant Irma. 2018. Upaya Sekolah Menumbuhkan Karakter Gemar Membaca Siswa di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 06 (3):383
Mitasari. Lea Sakti. 2017. “Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa Kelas Atas Di SD Gumpang 1”. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nugroho, Alfian Handina. 2016. Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5 (2):189
Oktarina, Ary. 2018. Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SDN Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(30):2943-2944.
Omeri, Nopan, 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (3):465
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. Penumbuhan Budi Pekerti.
Rahayu, Agustina Ratih. dkk. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya PenumbuhanKarakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21, 15(7):1062
Respati, Choiri Bayu. (2018) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Sawahan. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Samrin, 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional
Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SebagaiPembentukkan Pendidikan Berkarakter.Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan SupervisiPendidikan, 1(1):330-331
Wirawan, Noven Handani. 2018. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. 3(2): 301
Published
2019-01-25
How to Cite
Dewi, Z., & Isnarmi, I. (2019). Penanaman Karakter dalam Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 18 Padang. Journal of Civic Education, 1(4), 350-362. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.322
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)