Evaluasi Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2018 di Universitas Negeri Padang

  • Anisa Endriani Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
Keywords: evaluasi, kewirausahaan, program mahasiswa wirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kebijakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di Universitas Negeri padang, mengidentifikasi faktor-faktor keberhasilan kegagalan dan kendala dalam pelaksanaan PMW tahun 2018 di UNP, serta upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknis purposive sampling dengan informan penelitian sebanyak 15 orang informan yaitu ketua pelaksana, biro akademik dan kemahasiswaan, pegawai UPT PKK, dosen pembimbing PMW, sekretaris umum UPKK, dan mahasiswa penerima dana PMW tahun 2018 di UNP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program mahasiswa wirausaha tahun 2018 di UNP belum maksimal atau belum sesuai dengan perencanaan program. Dimana masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program seperti banyaknya tahapan pelaksanaan yang belum terealisasikan dan juga waktu dalam pelaksanaan yang kurang tepat. Faktor faktor yang menyebabkan keberhasilan PMW tahun 2018 di UNP antara lain adalah faktor kemauan dan kemampuan, tekat yang kuat dan kerja keras, kesempatan dan peluang, pengalaman dalam pekerjaan. Sementara faktor kegagalannya adalah tidak kompeten dalam hal manajerial, kurang berpengalaman, kurang dapat mengendalikan keuangan, gagal dalam perencanaan, lokasi yang kurang memadai, masa studi. Upaya yang telah dilaksanakan dalam mengatasi kendala adalah adanya lembaga khusus dalam mengelola program mahasiswa wirausaha tahun selanjutnya dan perubahan sistem pelaksanaan serta syarat pendaftaran program mahasiswa wirausaha tahun selanjutnya.

References

Juwita, Rahmi. 2017. Faktor Penyebab Ketidakefektifan Program Mahasiswa Wirausaha Dalam Menciptakan Kewirausahawan di Universitas Negeri Padang. [Skripsi]. Padang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.
Nurjoko, Wibowo. 2014. Rancang Bangun Model Seleksi PMW Berbasis WEB. Seminar Nasional Bisnis dan Teknologi
Suryana. 2013. Kewirausahaan (Kiat-kiat menju sukses). Salemba Empat.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Widarsih, Ria. 2012. Efektifitas Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dalam meningkatkan minat dan kemampuan berwirausaha Mahasiwa UNY. [skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Saputra, Oki Nanda. 2016. Peran PMW dalam Meningkatkan pengetahuan Berwirausaha mahasiswa FT UNP. Jurnal CIVED Vol.4 No.1 2016
Published
2020-03-23
How to Cite
Endriani, A., & Hasrul, H. (2020). Evaluasi Program Mahasiswa Wirausaha Tahun 2018 di Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 92-100. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.324
Section
Articles