Pelaksanaan Program Boarding school dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA 3 Painan

  • Septania Caesaria Setiadi Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: program pendidikan karakter, boarding school, SMA 3 Painan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Boarding school dalam pembentukan karakter siswa di SMA 3 Painan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Asrama, Wakil Kesiswaan, Guru Pkn, Pembina Asrama Putra dan Putri, peserta didik beserta orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi , wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Boarding school terhadap pembentukan karakter siswa secara keseluruhan dikatakan cukup baik karena di Boarding school telah dilakukan pembinaan karakter melalui berbagai bentuk kegiatan rutin baik disekolah maupun di asrama. Pertama,  melalui kegiatan akademik seperti disiplin waktu saat melaksanakan pembelajaran, membiasakan salam dan jujur ketika melaksanakan ujian. Kedua, melalui kegiatan keagamaan seperti melaksanakan sholat fardhu bejamaah dimesjid, sholat dhuha, Tafiz Alquran, Forum Annisa, Puasa Senin Kamis, Imtaq dan Sahabat Taklim. Ketiga, melalui kegiatan Ekstrakurikuler seperti budidaya tanaman, kewirausahaan, karawitan, solo song, tarian, O2SN dan lainnya. Meskipun demikian didalam hasil penelitian masih ditemukan kendala pada pelaksanaan program tersebut yaitu beberapa siswa masih kurang disiplin dalam mentaati program yang telah dibentuk di sekolah dan asrama.

References

Agustino, Leo. 2012. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Amri, dkk. 2011. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jakarta: PT Pustakaraya
Anggara Vendi Ridwan. 2014. “Implementasi Pendidikan Akhlak Sistem Boarding school dan Fullday School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skrispsi Yogyakarta. FITDK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Rizkiani Anisa. 2012. Pengaruh Sistem Boarding school Terhadap Pembentukan Karakter Pesera Didik. Jurnal Pendidikan Universitas Garut . Volume 6 No 1.
Hidayat, Nur. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di Pondok Pesantren Pabelah. Jurnal pendidikan Sekolah Dasar. Volume 2 No 1
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustak Belajar.
Mulyadi, D. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Sari, Dewi Purnama. 2017. ‘’Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an”. Jurnal Islamic Counseling, 1(01):24
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Qhalidy Shodiq, dkk. 2014. Pengelolaan Pendidikan Karakter Berbasis Boarding school . Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 9 No 1.
Wuryandani Wuri, dkk. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding school. Cakrawala Pendidikan XXXV No 2.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2020-02-17
How to Cite
Setiadi, S., & Indrawadi, J. (2020). Pelaksanaan Program Boarding school dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA 3 Painan. Journal of Civic Education, 3(1), 83-91. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.328
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>