Marketing Politik Pemenang Anggota Legislatif Dapil 3 Partai Gerindra Kota Padang

  • Yudiana Nofriani Uneversitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
Keywords: marketing politik, partai gerindra, pemilu legislatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menangnya Partai Gerindra Kota Padang selama 2 periode dan meningkatnya keterwakilan kursi di parlemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Partai Gerindra Kota Padang dalam memenangkan pemilu 2019 di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknis purposive sampling dengan informan penelitian Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang, wakil ketua, caleg dari dapil 3, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Partai Gerindra Kota Padang memiliki strategi dalam memenangkan pemilu 2019 di Kota Padang dilihat dari marketing politik 4 P yaitu product (produk), place (penempatan), price (harga), dan promotion (promosi). Sosok Prabowo Subianto yang telah melekat di hati masyarakat juga menjadi pendongkrak agar Partai Gerindra menang dalam pemilihan umum.

References

Damsar. 2010. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana.
Andriyanto, Eko. “Strategi Dewan Pimpinan Daerah Ii Partai Golongan Karya Pada Pemilihan Umum Legislatif di Kabupaten Siak Tahun 2014.” Jom FISIP Volume 2 No. 1Februari 2015.
Nurdiansyah, Fahmi. “Marketing Politik DPP Partai Gerindra Pada Pemilu Legislatif 2014.”Jurnal Ilmu Politik, Vol 9 No 1, April 2018.
Rosyid, Halimur. 2019. ”Strategi Pemenangan Caleg Partai Gerindra pada Pemilihan Umum Legislatif 2014 (Studi Tentang Marketing Politik Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur).” Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan Vol 11 No 1 (2019).
Raudhi, Radhi Darmansyah. 2017. ”Strategi Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Kabupaten Bener. “Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 2, Nomor 3: 1-20 Agustus 2017.
Syah, TM Ridduwan. “Strategi Politik Partai Gerindra dalam Perolehan Kursi Anggota Legislatif Kota Banda Aceh Pada Pemilu Tahun 2014.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume -, Nomor-: 1-14Mei 2019.
Published
2019-01-25
How to Cite
Nofriani, Y., & Dewi, S. (2019). Marketing Politik Pemenang Anggota Legislatif Dapil 3 Partai Gerindra Kota Padang. Journal of Civic Education, 1(4), 438-443. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.329

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.