Pembinaan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang

  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Peduli sosial, Kegiatan Pramuka, dasa darma

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membina kepedulian sosial siswa melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 10 Padang. Kepedulian sosial siswa dimaksudkan terutama dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam dasa darma pramuka dan aktivitas kepramukaan dalam meningkatkan kepedulian sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru, siswa yang tidak terlibat dan terlibat dalam pramuka. Jenis data adalah primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sudah mengamalkan nilai-nilai dasa darma pramuka. Aktivitas dalam setiap kegiatan pramuka dapat membina kepedulian sosial siswa yaitu peduli terhadap sesama, peduli terhadap orang lain dan  peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut tertuang dalam dasa darma pramuka yang mengandung nilai moral dan sosial. Pembinaan sikap peduli sosial dilakukan dalam berbagai aktivitas dalam setiap kegiatan pramuka seperti: kegiatan upacara,  baris berbaris, berkemah, bakti sosial, hiking atau penjelajahan. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan dasa darma pramuka sehingga menjadikan siswa berkarakter dan berjiwa sosial yang tinggi.

References

Asnawi, Ibnu Hanif & Triwahyuningsih.2014. Peranan Pembina Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Kepemimpinan Siswa di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Jurnal Citizenship Vol.3, No.2, Januari 2014. Hal. 95-104
A.Tabi’in. 2017. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Ijtimaiyah, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2017.
Anton, M, Mulyono.2001. Aktivitas Belajar. Bandung. Yrama.
Damrah.2017. Buku Ajar Kepramukaan FIK UNP. Padang : UNP Press.
Erliani Sa’adah.2016. Peran Gerakan Pramuka Untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial Dan Kemandirian (Studi Kasus Di SDIT Ukhwah Dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin).MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Volume 2, Nomor 1, Oktober 2016.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasi. Bandung. Alfabeta.
Murniati Baiq. 2011. Pengaruh Pendekatan Analisis Nilai dalam Pembelajaran IPS terhadap Sikap Kepedulian Sosial Peserta Didik. Edisi Khusus No. 2 Agustus 2011.
Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan.
Keputusan Kwatir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (ARTGP).
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka(ADGR).
Published
2020-02-17
How to Cite
Nurhidayati, N., & Indrawadi, J. (2020). Pembinaan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 52-60. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.330
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>