Marketing Politik Calon Legislatif Generasi Milenial

Strategi Pemenangan Manufer Putra Firdaus dalam Pemilu legislatif DPRD Kota Padang Tahun 2019

  • Rian Handika Universitas Negeri Padang
  • Alia Azmi Universitas Negeri Padang
Keywords: Strategi pemasaran politik, Pemilu Legislatif, calon legislatif milenial

Abstract

Penelitian ini membahas tentang calon legislatif generasi milenial yaitu Manufer Putra Firdaus. Manufer merupakan calon legislatif termuda yang berhasil memenangkan pemilu legislatif DPRD Kota Padang pada tahun 2019. Kemenangan yang diperoleh Manufer merupakan wujud dari keberhasilan pemasaran politik yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pemasaran politik Manufer Putra Firdaus serta faktor-faktor pendukung keberhasilan pemasaran politiknya. Dalam meneliti penulis menggunakan kerangka teori pemasaran politik 3P dari Adman Nursal dan 4P dari Firmanzah. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif, yang untuk memperoleh datanya, penulis menggunakan metode melalui wawancara mendalam kepada narasumber serta ditambah dengan studi dokumentasi, yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi pemasaran politik Manufer Putra Firdaus dilakukan dengan tiga metode yaitu pemasaran politik secara langsung, pemasaran politik melalui media massa serta pemasaran politik melalui pihak ketiga. Selanjutnya faktor-faktor pendukung keberhasilan pemasaran politik Manufer Putra firdaus diantaranya faktor figur atau branding politik Manufer yang cukup baik dimata masyarakat, faktor keberhasilan kegiatan promosi produk politik yang dijalankannya, faktor dana yang sudah dikeluarkan dan faktor tempat pencalonan yang menjadi keuntungan sendiri buat Manufer Putra Firdaus. Keberhasilan Manufer Putra Firdaus dalam memenangkan Pemilu legislatif DPRD Kota Padang tahun 2019, dikarenakan strategi pemasaran politik yang dilakukan Manufer dapat berjalan dengan baik serta adanya faktor-faktor pendukung yang dapat menunjang keberhasilan pemasaran politiknya.

 

References

.Firmanzah. 2008. Marketing Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Pustaka.
Nursal Adman. 2004. Political Marketing : Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ernando Rahagi. Marketing Politik Calon Legislatif Milenial Partai Golkar Pada Pemilu legislatif 2019. Studi Kasus : Pemenangan Abraham Sridjaja Sebagai Caleg DPR RI Dapil 1 Jawa Timur (Surabaya-Sidoarjo). Jurnal Universitas Airlangga. Oktober 2019.
Sutrisno, Dkk. Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6 (2): 106-111. Desember 2018.
Ronny Sanjaya. Pemasaran Politik Caleg Pendatang Baru Dalam Pemilu (Studi Kasus Wardi Ningsih Caleg PAN Dapil 1 Kabupaten Lamandau). Politika : Jurnal Ilmu Politik, Vol.8, No.1, PP 103-112, Oktober 2017.
Published
2020-02-17
How to Cite
Handika, R., & Azmi, A. (2020). Marketing Politik Calon Legislatif Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 3(1), 61-73. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.336

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.