Kendala dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Membentuk Perilaku Disiplin Anggota Pramuka SMP Negeri 10 Padang

  • Rizky Akbari Usman UNP
  • Rita Anggraini Universitas Negeri Padang
Keywords: ekstrakurikuler, pramuka, disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka untuk membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka SMP Negeri 10 Padang. Hal itu dilatarbelakangi dari masih banyak kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah itu khususnya dalam masalah kedisiplinan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Pembina Pramuka, Pelatih Pramuka, dan sembilan anggota Pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala dalam pelaksanaan ekstrakurikuler Pramuka untuk membentuk disiplin anggota Pramuka SMP Negeri 10 Padang pertama, pembina Pramuka yang jarang hadir untuk mendampingi anggota latihan Pramuka. Kedua, kekurangan dana dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Ketiga, anggota Pramuka yang jarang hadir latihan Pramuka. Keempat, anggota Pramuka yang melanggar tata tertib sekolah. Kelima, sulitnya pemberian izin dari orang tua siswa kepada anaknya untuk menjadi anggota Pramuka.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Azrul. 2015. Buku Pintar Pramuka. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Anbiya, Bakti Fatwa. 2018. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa”. Jurnal Ilmiah Edukasi (Vol. 6, No. 1).
J. Moleong, Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Minarti, Sri. 2011. Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarmizi. 2009. Pola Asuh Orang Tua dalam Mengarahkan Perilaku Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Woro, Sri dan Marzuki. 2016. “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter (Tahun VI, Nomor 1).
Yasin, Fatah. 2011. “Penumbuhan Kedisiplinan sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah”. Jurnal Edukasi (Vol. 9).
Published
2020-06-19
How to Cite
Usman, R., & Anggraini, R. (2020). Kendala dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka untuk Membentuk Perilaku Disiplin Anggota Pramuka SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(2), 148-154. https://doi.org/10.24036/jce.v3i2.339
Section
Articles