Pembinaan Karakter Siswa Perempuan Melalui Forum Annisa di SMP Negeri 2 Gunung Talang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan, kendala dan bentuk dukungan sekolah terhadap pembinaan karakter siswa melalui ekstrakurikuler Forum Annisa di SMP Negeri 2 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini berusaha menggambarkan dan melukiskan fakta-fakta secara akurat tentang suatu keadaan atau peristiwa yang tampak pada ekstrakurikuler Forum Annisa di SMP Negeri 2 Gunung Talang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler Forum Annisa, siswa perempuan dan orang tua siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peranan kegiatan Forum Annisa dalam membina karakter siswa perempuan diantaranya nilai karakter religius, karakter disiplin, dan karakter rasa ingin tahu. Pembinaan karakter siswa perempuan melalui kegiatan Forum Annisa masih belum maksimal karena ada beberapa kendala dalam kegiatan diantaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang disiplin dalam memulai kegiatan forum, sanksi yang kurang tegas untuk siswa perempuan yang tidak mengikuti kegiatan forum annisa, kurangnya keterlibatan guru, kurangnya keterlibatan orang tua, tidak ada indikator dan silabus yang dapat dijadikan patokan.
References
Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Syamsul Kurniawan. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat.
Hesti Endah Palupi, 2017. Kegiatan Keputrian dalam mengembangkan pengetahuan fiqih wanita pada siswi MTsN GondangRejo Karang Anyar. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Hlm 91
Sya’idah. 2010. Efektivitas kegiatan keputrian pada ekstrakurikuler rohis terhadap pembentukan akhlak siswa di SMA N 29 Jakarta. Jurnal Pendidikan agam islam. Hlm 70
Simanjuntak. 1990. Membina dan mengembangkan generasi muda. Bandung Tarsito. Hlm 84
Syaepul Manan. 2017. Pembinaan akhlak mulia melalui keteladanan dan Pembiasaan. Hlm 52
Rasjid, Sulaiman, 2015. fiqih islam . Jakarta: Sinar baru algesindo. Hlm 53
Oktaviana.L. 2015. Hubungan antara konfomitas dengan kecenderungan perilaku bullying. Surakatra: Fakultas ilmu psikologi muhammadiyah surakarta
Reksiana. 2018. Kerancuan istilah Karakter, Akhlak, Moral dan Etika. Hlm 12
Sugiana, Aset. 2019. Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SMK ETHIKA Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah Vol 01. No 1 hlm.115
Fauzi, Achmad Ryan. 2017. Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal teori dan praksis pembelajaran IPS hlm.34