Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Sarana Pendidikan Politik

  • Guspalin Tomi Saputra Universitas Negeri Padang
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendidikan Politik, mahasiswa, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKn sebagai sarana pendidikan politik. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah umum Pendidikan Kewarganegaraan. Lokasi penelitian berada di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik quota sampling dengan rumus Slovin yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi dengan menggunakan acak tanpa memperhatikan strata. Sehingga memperoleh sampel sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian ini berupa angket. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah umum PKn dilihat dari konten, media, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik. Temuan penelitian menunjukan persepsi mahasiswa terhadap konteks pembelajaran PKn berada pada kriteria baik dengan memperoleh rata-rata persentasesangat setuju/seringyaitu 66%. Persepsi mahasiswa terhadap strategi pembelajaran PKn berada pada kriteria baik dengan mempoleh rata-rata persentasesetuju/jarang dan sangat setuju/sering sebesar 84%. Persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran PKn berada pada kriteria baik dengan mempoleh rata-rata persentasesebesar 73,33%. Persepsi mahasiswa terhadap evaluasi pembelajaran PKn memperolehrata-rata persentase sebesar 96%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aina.2015. Pendidikan Politik bagi Generasi Muda melalui Partai Politik. ISSN2089-3590, EISSN 2303-2472 Vol.5 No.1 2015.
Kartaprawira (2004). Aspek-aspek Pendidikan Politik dalam Kehidupan demokrasi untuk Mewujudkan Kecakapan Warga Negara yang Smart and Good Citizenship. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang. Volume.4 No. 3 2018, 1205-1228.
Murdiono (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi standar pendidikan. Bandung: Alfabeta
Rafni, A. (2012). Suryanef, 2 Al Rafni, 571–576.
Soyomukti: 2008. Pengembangan Media dan sumber Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Published
2020-03-19
How to Cite
Saputra, G., & Rafni, A. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Sarana Pendidikan Politik. Journal of Civic Education, 1(4), 464-469. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.345

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.