Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP N 3 Bukittinggi

  • Nova Hardyanti Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: keterlibatan, Siswa, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Bukittingggi, sering ditemukan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang meliputi; kurangnya perhatian,dan rasa menyenangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun data informan dalam penelitian ini adalah; sepuluh siswa kelas VIII.6, guru PPKn dan kepala sekolah. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder yang didapatkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, kemudian analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya disimpulkan untuk penulisan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PPkn di SMP Negeri 3 Bukittinggi, menyangkut: a) suasana kelas belum sepenuhnya dalam keadaan kondusif dari setiap pelaksanaan proses pemebelajaran; b) belum seluruh siswa memperhatian penjelasan guru dengan baik; c) sebagian besar siswa kurang  menyenangi pembelajaran PPKn; d) sebagian besar siswa sudah terlibat aktif dalam proses pembelajaran; e) kejelasan penyampaian materi pelajaran oleh guru belum dimengerti sebagaian siswa, dan; f) penggunaan metode dan media dalam proses pembelajaran telah meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Upaya-upaya guru dalam proses pembelajaran PPKn: a) guru telah memberikan dorongan agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajran PPKn; b) guru memberikan pertanyaan dan kesimpulan akhir dalam proses pembelajaran, serta memberikan metode dan media yang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran PPKn agar matei yang di sampaikan dapat dimengerti siswa.

References

Budiningsih Asri C. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi Arisanti. (2012). Peran guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas x SMA PGRI 1 Pontianak. Hal 1-10.

Dimiyati dan Mujiono. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja GrafindoPresada.

Hamalik Oemar.(2011). Proses Belajar Mengajar.Jakarta. PT Bumi Aksara.

Hamalik. (2001). .Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: PT Bumi Aksara.

J. Mursel .(2005). Mengajar dengan sukses. Jakarta: Sinar grafika offiset.

Kristiyani, Titik. (2013). "Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Komitmen siswa terhadap Sekolah. Volume 21, No 1 hal 31-40.

Moleong, Lexy J. (2006). "Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukaromah,dkk. (2018). "Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Self Regularted Learning. Jurnal Of Guidance and Counseling: Hal: 14-19.

Permendiknas RI No.52 Tahun 2008 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditas Sekolah Menengah Atas.Psikologi 2(1): 1 :31.

Sri Anitah. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiono , S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sushaji. (2009). Strategi Pembelajaran. Yogjakarta. Purwokerto Press.

Published
2020-09-07
How to Cite
Hardyanti, N., & Isnarmi, I. (2020). Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP N 3 Bukittinggi. Journal of Civic Education, 3(3), 339-349. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.363

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>