Kontrol Sosial Masyarakat Terhadap Perilaku Mahasiswa Kos-Kosan Air Tawar Barat Padang

  • Dede Fatma Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: kontrol sosial, perilaku mahasiswa, peraturan kos

Abstract

Masyarakat melakukan kontrol sosial kepada mahasiswa, agar mereka berperilaku baik dan mentaati peraturan yang di buat oleh pemilik kos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontrol sosial masyarakat terhadap perilaku mahasiswa kos-kosan. Agar mahasiswa mematuhi peraturan yang telah di buat oleh pemilik kos dan RT setempat dan mengetahui kendala dan upaya masyarakat dalam mengatasi perilaku mahasiswa sehingga mahasiswa mematuhi peraturan dikos maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dari penelitian ini berjumlah 17 orang yang terdiri dari RT Jl. Gajah masyarakat, pemilik kos dan penghuni kos (mahasiswa) yang dapat membantu penelitian dalam permasalahan yang peneliti bahas. Dalam pelaksanaan kontrol sosial dilingkungan masyarakat tidak ada. Adapun kendala dari masyarakat terhadap pelaksanaan kontrol sosial masyarakat sekitar kurangnya kepedulian sosial/kerja sama pemilik kos dan masyarakat terhadap pengawasan agar mahasiwa mentaati peraturan. Lalu upaya yang dilakukan oleh RT dan pemilik kos membuat peraturan dan sanksi yang tegas bagi mahasiswa yang melanggar peraturan tersebut. Maka dari itu perlu adanya penerapan kontrol sosial masyarakat terhadap perilaku mahasiswa kos, agar tidak berperilaku menyimpang.

References

Aditia, H. R., Hamiyati, & Rusiilanti. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tuadengan Kepedulian Sosial Remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 03(02).
Alias, M., Fatmawati, & Mochtaria. (2013). Kontrol Sosial Tokoh Masyarakat ( Ustad) Dalam Mengetasi Perilaku Remaja di Desa Limbung Kecamatan Singai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMIS.
Anwar. (2018). Paradigma Sosialisasi dan Konstribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 11(1), 65–78.
Hamzah, M. (2015). Peran kontrol sosial dalam penegendalian perilaku mahasiswa kos sekitar kampus universitasn mulawarman samarinda. E. Joernal Sosiatri, 3(2), 124–137.
Handoyo, E., Astuti, T. M. P., Iswari, R., Alimi, Y., & Mustofa, M. S. (2015). Studi Masyarakat Indonesia. Yogyakarta: Ombak.
Hanifah, F. (2013). Hubungan Kontrol Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Seks Pranikah Remaja Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan. SPEKTRUMPLS, 1(2), 1–14.
Marwing. (2016). Kritik Kepedulian Sosial Adler Dan Ikhlas Terhadap Perilaku Pro Sosial Manusia Modern. Kontemperasi, 4(2), 1–24.
Narwoko, J. D., & Suwanto, B. (2015). Sosiologi Teks Penantar dan Terapan. Jakarta: Predanamedia Group.
Putra, I. B. S. (2018). Sosial Control : Sifat dan Sanksi Sebagai Sarana Kontrol Sosial. Jurnal VYAVAHARADUTA, XIII(1), 21–32.
Soenarko, M. (2015). Peningkatan Nilai Kepedulian Sosial Melalui Modifikasi Model Pembelajaran Konsiderasi Pada Mahasiswa Tingkat 1 Program Studi PGSD FKIP UNIVERSITAS NUANTARA PGRI KEDIRI. (6), 2355–7621.
Tejokusumo, B. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Geoedukasi, 3(2), 38–43.
Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokratinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(1), 65–78.
Published
2020-08-27
How to Cite
Fatma, D., & Isnarmi, I. (2020). Kontrol Sosial Masyarakat Terhadap Perilaku Mahasiswa Kos-Kosan Air Tawar Barat Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 257-266. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.380

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>