Kendala-Kendala dalam Pembinaan Moral di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Tanjung Pati

  • Riyan Ardinata Universitas Negeri Padang
  • Rita Angraini Universitas Negeri Padang
Keywords: LPKA, Pembinaan Moral, Tanjung Pati

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan pembinaan moral di LPKA Kelas II B Tanjung Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik Purposeful sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Kasi Pembinaan LPKA, staf pembinaan LPKA, Kasi Registrasi dan Klasifikasi LPKA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan tidak berjalannya program pembinaan yang telah direncanakan akibat pandemi COVID-19, kekurangan tenaga ahli, dan keterbatasan fasilitas dalam melaksanakan pembinaan di masa Pandemi COVID-19.

References

Al Azhar, Muchtar Luthfi Malik, dkk. (2013). Kemitraan antara Pemerintah dan Swasta dalam Pelayanan Publik. Jurnal Administasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 5, Hal. 1048-1057.
Eriza, D. (2018). Peranan Petugas Lpka (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Klas Ii Bandar Lampung Dalam Pembinaan Anak Didik Tindak Pidana Kriminal. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Fitesa, N. (2016). Peran Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Kelas Iib Dalam Memberikan Pembinaan Terhadap Anak Didik Pemasyarakatan (Studi di LPKA Kelas IIB Provinsi Sumatera Barat). Universitas Andalas.
Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor M.HH-03.OT.02.02. 2014
Nurmalisa, Y., & Adha, M. M. (2016). Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.17977/um017v21i22016p064
Oktaviana, Shintia. 2017. Pembinaan Moral Terhadap Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Rajawali Pers: Jakarta.
Yuliyanto, & Ernis, Y. (2016). Lembaga Pembinaan Khusus Anak dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Jakarta: Pohon Cahaya.
Zulfian. 2014. Implementasi Kebijakan Program Pendekatan Keluarga Sejahtera dalam pendistribusian alat kontrasepsi di Kabupaten Sintang. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi. Vol. 1 No. 2.
Published
2021-01-08
How to Cite
Ardinata, R., & Angraini, R. (2021). Kendala-Kendala dalam Pembinaan Moral di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II B Tanjung Pati. Journal of Civic Education, 3(4), 407-413. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.384

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.