Studi Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure Skills) oleh Guru PPKn di SMP N 25 Padang

  • Arieska Dwi Asmil Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
Keywords: keterampilan, membuka dan menutup pelajaran, pembelajaran PPKn

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran terkait implementasi, permasalahan internal-eksternal, dan upaya-upaya yang dilakukan dalam penerapan keterampilan membuka dan menutup pelajaran oleh guru pada pembelajaran PPKn di SMP N 25 Padang. Penelitian ini didasari akibat kesalahan guru dalam memaknai keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang berdampak pada kurang efektifnya proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMP N 25 Padang dengan informan penelitian terdiri atas 10 orang yang dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk memastikan data yang diperoleh valid, dilakukan pengujian data melalui triangulasi sumber. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan kurang optimalnya guru PPKn dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Terlihat dari banyaknya komponen maupun indikator penting yang terabaikan.

References

Abimanyu, S. (1984). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran: Panduan Pengajaran Mikro No. 5. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ananda, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Demokrasi, Volume 11 nomor 1 (2012).

Anonim. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum: Pendidikan Kewarganegaraan. Cetakan ke-1. Jakarta: Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI.

Armayanti, R. (2014). Keterampilan Guru Dalam Melakukan Kegiatan Membuka Dan Menutup Pembelajaran di SD Negeri 03 Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara (Penelitian Deskriptif). Skripsi. Univesitas Bengkulu.

Azis, A. (2016). Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran Terhadap Motivasi Siswa dalam Belajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of EST, Volume 2 Nomor 2 Agustus 2016 Hal. 65–73.

Barnawi, & Arifin. (2015). Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Yogayakarta: Ar-Ruzz Media.

Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru Pemula SMP-SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Tinggi.

Hajrah. (2017). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Indrawan, A. (2017). Analisis Penerapan Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Siompu. Jurnal SELAMI IPS Edisi Nomor 45, Volume 1 Tahun XXII Juni 2017. (ISSN 1410-2323).
Khakiim, U. (2016). Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan, Volume 1 Nomor 9 Bulan September Tahun 2016, 1730—1734.

Kusmajid. (2017). Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran (Set Induction Skills) terhadap Perhatian Siswa pada Kegiatan Pembelajaran IPS Kelas IV SDN Rawamangun 01 Jakarta Timur. Jakarta. ISSN 2407-9189.

Laksono, & Ridam, D. (2011). Buku Pedoman Micro Teaching. Ngawi: kepala UPT Mikroteaching STKIP PGRI Ngawi.

Mutalib, Abdul. (2018). Peningkatan Kualitas Guru dalam Membuka dan Menutup Pembelajaran Melalui Bimbingan Kepala Sekolah Di SMA Negeri 1 Darul Falah Tahun 2016. Jurnal Media Inovasi Edukasi, Vol. 04, No. 12 Januari 2018.

Nurhalimah, S. (2015). Keterampilan Guru Sosiologi dalam Membuka dan Menutup Pelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume. 7. No.5.

Oktaviani. (2019). Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Matematika SD Negeri 192. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), Volume 3 Nomor 1 Januari 2019.

PMTPK, D. J. (2008). Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rosyid, A. (2015). Modul Keterampilan Dasar Mengajar/Micro Teaching (PSD 328). Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Rusnila. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Cetakan Kedua. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Sasmita, F. (2013). Pengaruh Keterampilan Membuka Pelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 024 Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. UINSUSKA.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriatna, E. (2015). Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMAN Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1 April 2015.

Suwarna. (2006). Pengajaran Micro. Yogayakarta: Tiara Wacana.

Suwarna. (2011). Panduan Pengajaran Micro. Yogayakarta: UNY Press.
Published
2020-09-06
How to Cite
Asmil, A., & Hasrul, H. (2020). Studi Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure Skills) oleh Guru PPKn di SMP N 25 Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 350-359. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.385