Hambatan Perempuan dalam Berpartisipasi terhadap Pembangunan Nagari

  • Atika Rati Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: Partisipasi perempuan,, Program pembangunan nagari,, Kanagarian koto nan Duo IX koto Hilie,

Abstract

Partisipasi perempuan dalam pembangunan masih terbatas disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Partisipasi perempuan dalam pembangunan Nagari secara faktual sudah mulai tampak di Kenagarian Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Batang Kapas, Pesisir Selatan. Hal ini terlihat dalam keterlibatan perempuan dalam pembangunan  di bidang infrastruktur jalan dan jembatan, meskipun partisipasnya belum berjalan optimal. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi perempuan dalam pembangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografis. Informan penelitian terdiri atas 16 orang yang dipilih dengan purposive sampling diantaranya wali nagari, sekretaris nagari, Sekretaris Badan Permusyawaratan Nagari (BAMUS), kepala kampung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, lima orang perempuan, serta empat orang masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yaitu; reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam pembangunan Nagari belum optimal disebabkan karena tingkat pendidikan, kesadaran, keterampilan dan keterbatasan waktu.

References

Ekawati, Sri. 2010. “Partisipasi Perempuan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan”.Surakarta : Jurusan Sosiologi Universitas Sebelas Maret.
Faridah. 2012. “Keterlibatan Perempuan Dalam Bermasyarakat : Studi Pada Masyarakat Pantai Kabupaten Padang Pariaman.” Jurnal Humonus Volume XI Nomor 1.
Hasba, Sandra & Syahrul. 2018. “Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan : Kasus Kelurahan Bungguosu, Konawe”. Jurnal Shautut Tarbiyah. Volume 38. Nomor XXIV.
Kalesaran, Ferdinand. 2015. “Partisipasi dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Kelurahan Taas Kota Manado.”Jurnal Acta Diurna.Volume IV Nomor 5.
Maripah. 2017. “Perencanaan Pembangunan Partisipatif dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) di Desa Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar”. Jurnal Fisip. Volume 4 Nomor 2.
Rinawati, Rini. 2004. “Partisipasi Wanita dalam Pembangunan”. Jurnal An’atanal Volume 20 NOMOR 3. Hal 387- 405.
Rinawati, Rini. Dkk. 2007.“Keterlibatan Perempuan dalam Pengambilan Keputusan Pada Perencanaan Pembangunan”.Jurnal An’atanal Volume 23 Nomor 2.Hal 157- 177.
Published
2020-12-03
How to Cite
Rati, A., & Fatmariza, F. (2020). Hambatan Perempuan dalam Berpartisipasi terhadap Pembangunan Nagari. Journal of Civic Education, 3(4), 395-406. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.386

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>