Peran Kelompok Usaha Bersama (KUB) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan di Pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

  • Nor Sa'adah Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: nelayan, kesejahteraan, KUB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan hambatan dari  Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mutiara Laut untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di Pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif karena penelitian ini berusaha mengambarkan dan melukiskan fakta-fakta secara akurat tentang suatu keadaan atau peristiwa yang tampak pada KUB Mutiara Laut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan studi dokumentasi. informan penelitian adalah ketua KUB, sekretaris KUB, bendahara KUB ,anggota KUB dan Dinas Perikanan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan teknik triangulasi data. Kemudian Teknik analisis data dilakukkan dengan empat alur kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di di Pantai Ketaping. Adanya Program Kelompok Usaha Bersama( KUB) untuk nelayan masih belum maksimal karena ada beberapa kendala dalam program kegiatan Kelompok Usaha Bersama (KUB) diantaranya pada program pembiayaan dan permodalan yang mana disini adannya kurang rasa tangung jawab untuk menjaga alat yang telah diberikan pemerintah, adannya kecemburuan sosial. Selanjutnya pada program pendidikan,pelatihan dan penyuluhan disini adanya kesibukan masing-masing anggota sehingga tidak hasir dalam pelatihan ataupun rapat.

References

Afifudin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia
Hermawati Roebyantho, Dkk. 2011. Dampak Sosial Ekonomi Program Penanganan Kemiskinan Melalui KUB. Jakarta: P3KS.
Kusnadi. 2007. Trategi Hidup Masyarakat Nelayan. Yogyakarta : PT. Lkis Pelanggi Aksara Yogyakarta.
Leilani, Ani. 2016. Partisipasi Nelayan Dalam Kelompok Usaha Bersama Bidang Penangkapan Ikan (Kasus Pada KUB Di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran). Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan. Volume 10 Nomor 1.
Nurfadhila, T. 2016. Peranan Masyarakat Nelayan Terhadap Peningkatan Ekonomi Di Desa Kenjekecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan. Diakses Tanggal 24 November 2019.Pukul 08.33 WIB.
Suprihatin. 2017. Fungsi Kelompok Usaha Bersama Dalam Pemberdayaan Komunitas Pedagang Di Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro. Jurnal Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Institut Agama Islam Negeriraden Intan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Syahma, Asmita. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Tangkap Di Desa Galesong Kota Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Jurnal Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Wardianti. 2009. Peran KUB Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Prespektif Ekonomi Islam ( Studi Di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Jurnal Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Published
2021-01-17
How to Cite
Sa’adah, N., & Isnarmi, I. (2021). Peran Kelompok Usaha Bersama (KUB) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan di Pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Journal of Civic Education, 3(4), 460-464. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.390

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.