Karakter Anak pada Perkawinan Campuran Suku Minangkabau dan Batak di Kelurahan Tanjung Buntung

  • Erfina Nur Asria Rangkuti universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: karakter anak, perkawinan campuran, Minangkabau

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter anak pada perkawinan campuran suku Minangkabau dan Batak di Kelurahan Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam, Penelitian ini dilatarbelakangi karena sering ditemukan perbedaan didikan karakter antara anak perempuan dan laki-laki pada perkawinan campuran suku Minangkabau dan Batak di Kelurahan Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun data informan dalam penelitian ini adalah: masyarakat, keluarga yang melakukan perkawinan campuran, kepala KUA. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi, kemudian analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya disimpulkan untuk penulisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkawinan campuran antara suku Minangkabau dan Batak memberikan dampak terhadap pembentukan karakter anak, dalam suku batak terkenal dengan bahasa yang keras namun makna nya baik dan lemah lembut, sedangkan dalam suku minangkabau anak diajarkan dengan lemah lembut, namun terkadang dengan bahasa yang sedikit kasar tapi tujuannya baik agar anak memiliki watak yang keras dan pantang menyerah. Dalam perkawinan campuran ini, tidak ada perbedaan derajat antara anak laki-laki maupun perempuan, dalam kedua suku anak laki-laki dan perempuan sama. Oleh karena itu, peran orang tua yang berbeda-beda di setiap keluarga yang mana peran orang tua sangat menentukan kualitas anak dalam berkarakter.

References

Anisa, Siti. 2005. Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Kelas II SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis Dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Haris Hardiansyah. 2014. Metedologi Penelitian Kualitatif. Jakarta Selatan: Selemba Humanika.
Hyoscyamina, Darosy Endah. 2011. Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi. Vol.10. N0.2.
Nihayah, Ismatun., dkk. 2018. Pengaruh Motivasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus di MTs Al-Azhar Tuwel. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8. No.2.
Prasetyo, Nana. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.
Pratiwi, Ni Kadek Santya. 2018. Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.3. No.1. ISSN: 2527-5455.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.1. Edisi 1Juni 2012.
Zubaedi. 2011. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2020-12-14
How to Cite
Asria Rangkuti, E., & Fatmariza, F. (2020). Karakter Anak pada Perkawinan Campuran Suku Minangkabau dan Batak di Kelurahan Tanjung Buntung. Journal of Civic Education, 3(4), 421-429. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.391

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>