Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Program Studi PPKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelayanan program studi PPKn FIS UNP dilihat dari aspek berwujud (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsivenese), kepastian (assurance), dan empati (emphaty) guna dijadikan gambaran atau pedoman untuk pelayanan program studi PPKn FIS UNP lebih baik lagi kedepannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukakn dengan menyebar angket kepada mahasiswa melalui google form. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 mahasiswa. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sumber datanya mahasiswa program studi PPKn FIS UNP angkatan 2017, 2018, dan 2019 yang dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert menggunakan alternatif jawaban Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup Baik (CB), dan Kurang Baik (KB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pelayanan akademik dikategorikan baik dengan persentase 83,25% dan pelayanan administrasi dikategorikan baik dengan persentase yang sama yaitu 83,25%. Sehungga dapat diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap program studi PPKn FIS UNP dikategorikan baik dengan rata-rata persentase 83,25%.
References
Adaptasi Kemendikbud, 2013:31. Metode penelitian. Digilib.unila.ac.id.
Darwyansyah, D. (2017). Pengukuran dan penilaian kualitas pelayanan perguruan tinggi. Saintifika islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 1(02), 19-37.
Hobsi, F., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan UD. CJDW METESEH KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(17).
Husnayetti, H. (2012). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Proses Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi X. Liquidity, 1(2), 115-124.
Iradawati, S. N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Adminstrasi Dan Fisik Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Yos Sudarso Surabaya. Management & Accounting Research Journal, 3(1).
Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Rohani, R., & Rianto, H. (2017). Analisis tingkat kepuasan mahasiswa pada pelayanan program studi PPKN. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 178-187.
Sufiyyah, A. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 85-93.
Udjang, R., & Subarjo, S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 7(1), 64-75.