Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran PPKn di SD Fransiskus Padang Panjang

  • Ulva Huda Universitas Negeri Padang
  • Rita Angraini Universitas Negeri Padang
Keywords: PPKn, multikultural, toleransi

Abstract

Tujuan dari artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pengintegrasi nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran PPKn sebagai penguatan nilai toleransi di SD Fransiskus Padang Panjang. Peneiltian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah SD Fransiskus Padang Panjang, Guru kelas, Siswa, dan Orang tua siswa. Data dikumpulkan selama 1 bulan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis berdasarkan tahapan analisis data menurut Milles dan Huberman dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengitegrasian nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran PPKn yaitu melalui penanaman nilai-nilai multikultural seperti nilai pluralisme, nilai demokrasi, dan nilai humanisme. Adapun strategi yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai multikultural tersebut yaitu metode bercerita, metode diskusi, strategi modeling, metode totor sebaya (group teaching), dan strategi pembiasaan prilaku. Dengan demikian dapat disimpulkan pengintegrasian nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran PPKn bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa untuk menerima, mengerti, serta menghargai setiap individu dari suku, budaya, dan nilai yang berbeda.

References

Bukhori, I. (2018). Metode Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Pada Siswa Kelas Rendah (Studi Pada Mi Di Mwcnu Lp. Maarif Kraksaan). Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.756
Kartikawati, D., Radjagukguk, D. L., & Sriwartini, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Melalui Komunikasi Pendidikan Di Sekolah Dasar Inklusi Di Yogyakarta Dan Surakarta. Widya Komunika, 8(2), 58. https://doi.org/10.20884/wk.v8i2.1406
Kewaraganegaraan, J. P., & Volume, H. (2018). Jurnal Pndidikan Kewaraganegaraan dan Hukum Volume 7 No 2 Tahun 2018. 7(2), 390–398.
Irwan, I., Indrawadi, J., & Waldi, A. (2018). Urgensi Internalisasi Nilai-nilai Ketahanan Nasional dalam Pembelajaran PPKn Tingkat SMP (Studi di Kabupaten Solok Selatan. Journal of Civic Education, 1(1), 1-8.
Palipung, N. (2016). Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Inklusi Sd Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Publik, V, 558–566.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta
Suryana Yaya, Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan
Jati Diri Bangsa. Bandung. Pustaka Setia
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Wiroatmojo dan Sasonoharjo. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI
Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural.
Yogyakarta:Gavin Kalam Utama
Published
2021-03-03
How to Cite
Huda, U., & Angraini, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran PPKn di SD Fransiskus Padang Panjang. Journal of Civic Education, 4(1), 25-31. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.396

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.