Beban Ganda: Kerentanan Perempuan Pada Keluarga Miskin

  • Krisna Yuni Chandra Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: beban ganda, perempuan buru, peternak ayam

Abstract

Beban ganda seringkali menimbulkan kerentanan dan ketidakadilan bagi perempuan, terutama pada keluarga miskin dan mereka yang bekerja sebagai buruh. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan beban ganda perempuan keluarga miskin yang bekerja sebagai buruh pada peternakan ayam. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Purposive sampling digunakan sebagai teknik dalam penentuan informan penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Hurben (1984) dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan beban ganda perempuan buruh tidak hanya berkaitan dengan beban kerja fisik dalam mengurus rumah dan bekerja sebagai buruh, tetapi juga beban psikologis berupa cemoohan karena dianggap tidak mampu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga dengan baik. Meskipun buruh perempuan mampu membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, namun mereka harus menanggung beban pekerjaan yang cukup berat sebagai buruh yang bekerja di peternakan ayam, yang mengeluhkan lelah dan pegal-pegal akibat pekerjaannya. Selain itu lingkungan pekerjaan (peternakan ayam) yang kurang nyaman bagi mereka, yaitu bau yang kurang enak di peternakan tersebut. Cemoohan karena tidak mampu melakukan pekerjaan rumah dengan baik pun mereka terima akibat beban ganda yang mereka alami. Lalu waktu untuk berkumpul dengan keluarga pun menjadi berkurang, karena waktu mereka banyak dihabiskan di tempat bekerja. Untuk menghadapi beban ganda yang mereka alami, perempuan buruh membagi waktu nya untuk melakukan semua pekerjaa yang harus mereka kerjakan. Lalu menumbuhkan semangat kerja agar tetap mampu memenuhi kebutuhan keluarga.

References

Hidayati, Nurul. 20115. Beban Ganda Perempuan Bekerja (Antara Domestik dan Publik. Jurnal Muwazah. Volume 7. Nomor 2. Hal 108.
Huraerah, Abu. 2013. Srategi Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. Volume 12. Nomor 1. Hal 3.
J, Lexy Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset : Bandung.
Jacobus, Elvira Handayani. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Sulawesi Utara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah. Volume 19.Nomor 7.Hal 5.
Noerdin, Edriana dkk. 2006. Potret Kemiskinan Perempuan. Women Research Institute: Jakarta.
Santi, Sarah. 2007. Perempuan Dan Kemiskinan: Pembangunan, Kebijakan, Dan Feminisasi Kemiskinan. Jurnal Forum Ilmiah Indonusa. Volume 4. Nomor 1. Hal 1.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartini, Sri. 2010. Pergulatan Hidup Perempuan Pemecah Batu. Jurnal Komunitas. Volume 2. Nomor 2. Hal 107.
Sujarweni, Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press: Yogyakarta.
Sukesi, Keppi. 2015. Gender Dan Kemiskinan. Universitas Brawijaya Press : Malang.
Wijayanti. 2010. Belenggu Kemiskinan Buruh Perempuan Pabrik Rokok. Jurnal Komunitas. Volume 3. Nomor 2. Hal 86.
Published
2020-12-16
How to Cite
Chandra, K., & Fatmariza, F. (2020). Beban Ganda: Kerentanan Perempuan Pada Keluarga Miskin. Journal of Civic Education, 3(4), 430-439. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.412

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>