Pemberdayaan Perempuan Istri Nelayan pada Kelompok ‘Putri Bahari’ di Pantai Ketaping Padang Pariaman

  • Nadhatul Mardiah Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: pemberdayaan perempuan, istri nelayan, kelompok putri bahari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan perempuan istri nelayan pada kelompok Putri Bahari di pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian yaitu Kepala Dinas perikanan Padang Pariaman, Ketua Kelompok Putri Bahari, Sekretaris Putri Bahari Anggota Kelompok Putri Bahari dan Suami para istri kelompok Putri Bahari. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawacara dan Dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya masalah dan hambatan yang terjadi pada pemberdayaan perempuan istri nelayan kelompok putri bahari di pantai ketaping. Adapun masalah yang terjadi pada kelompok ini yaitu, pertama bahwa pada umumnya masyarakat nelayan tradisional ini masih merupakan masyarakat miskin. Hal tersebut terlihat dari semua anggota kelompok memiliki tingkat perekonomian yang masih rendah. Kedua masih banyaknya kelompok putri bahari yang berpendidikan rendah. Ketiga kurangnya partisipasi kelompok dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan, terutama dalam rapat-rapat terkait pengelolaan putri bahari bahkan ada yang tidak mau mengikuti kegiatan-kegiatan dalam kelompok tersebut. Keempat masih kurangnya pengetahuan para anggota kelompok putri bahari dalam menggunakan teknologi untuk memasarkan produknya secara luas.

References

Amanaturrohim, Hanifah, dkk. 2016. Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 5. No. 2.

Al Arif, M., & Rianto, N. 2010. Pemberdayaan masyarakat berbasis wakaf uang. Jurnal Asy-Syir’ah, 44(2), 813-828.

Astuti, A. W. W. 2012. Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga (suatu kajian pemenuhan kebutuhan pendidikan anak pada 5 ibu pedagang jambu biji di desa bejen kecamatan bejen kabupaten temanggung). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2).

Darmayanti, Stra Wulan. 2015. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Oleh Dinas Pertanian Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol. 3 No 1.

Fargomeli, Fanessa. 2014. Interaksi Kelompok Nelayan dalam Meningkatkan Taraf Hidup di Desa Tewil Kecamatan Sangaji Kabupaten Maba Halmahera Timur. Jurnal Acta Diurna, Vol III No 3.

Firdaus, Maulana dan Rahadian, Rikrik. 2015. Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Penjajab Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas). Jurnal Sosek KP. Vol 10 No 2 Hal 241-249.

Published
2022-09-06
How to Cite
Mardiah, N., Isnarmi, I., Fatmariza, F., & Montessori, M. (2022). Pemberdayaan Perempuan Istri Nelayan pada Kelompok ‘Putri Bahari’ di Pantai Ketaping Padang Pariaman. Journal of Civic Education, 5(3), 397-404. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.414

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.