Strategi Calon Legislatif Partai Gerindra dalam Memenangkan Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kota Padang

  • Palvi Herlina Syahda Universitas Negeri Padang
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
Keywords: strategi, calon legislatif, Prabowo-Sandi effect

Abstract

Penelitian ini membahas strategi yang digunakan calon legislatif partai Gerindra dalam memenangkan pemilu legislatif tahun 2019 di kota Padang serta faktor penghambat dan pendukung implementasi strategi politik oleh calon legislatif partai Gerindra dalam memenangkan pemilu legislatif tahun 2019 di Kota Padang. Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian naturalistik. Dilakukan dikantor DPC Partai Gerindra Kota Padang dan kantor DPRD Kota Padang. Metode purposive sampling digunakan dalam pemilihan informan. Teknik analisis data yang peneliti digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian uji kreadibilitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi yang diterapkan melaluipenyusunan perencanaan berupa pendekatan pada masyarakat sudah jauh sebelum mencalonkan diri dengan cara mendatangi langsung kelapangan bersama program kerja nyata yang betul-betul dirasakan masyarakat dan melakukan pemetaan wilayah kampanye. Dalam menjalankan strategi ada beberapa faktor pendukung berupa elektabilitas caleg yang didukung oleh setting politik yang disebut dengan Prabowo-Sandi Effect dan adanya faktor penghambat berupa kampanye hitam, politik uang, dan beredarnya isu politik. Semakin efektif strategi yang diterapkan maka akan semakin baik citra caleg partai politik dimasyarakat. Sehingga caleg harus memperhatikan strategi yang digunakan dan masyarakat lebih selektif dalam memilih caleg.

References

Ria, A. (2015). Strategi Political Marketing Dpd Partai Gerindra Sumbar Dalam Pemilu Legislatif 2014 Di Provinsi Sumatera Barat (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ANDALAS)
Darwandi Hamid. 2013. Berpolitik dengan biaya murah .yogyakarta : thafa media
Rosyid, H. (2019). Strategi Pemenangan Caleg Partai Gerindra pada Pemilihan Umum Legislatif 2014. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 60-73.
Mufti,Muslim,2013. Teori- teori Politik. Bandung: Pustaka Setia
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Alfabeta: Bandung
Varma SP. 2003. Teori Politik Modern. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Yanto, Y. Strategi Kampanye Politik Calon Anggota Legislatif Incumbent Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Menghadapi Pemilu Legislatif 2014 (Studi Kasus Partai Golkar Di Kabupaten Mukomuko). Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 1(2), 161547.
Nurtakwa, N. (2017). Strategi Politik Kader Partai Amanat Nasional pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Enrekang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum
https://www.google.com/amp/s/www.topsatu.com/gerindra-menang-ini-komposisi-dprd-padang-2019-2024/amp/ (diakses pada 3 Juni 2019)
http://kota-padang.kpu.go.id (diakses pada 23 juli 2019)
Published
2021-03-28
How to Cite
Syahda, P., & Rafni, A. (2021). Strategi Calon Legislatif Partai Gerindra dalam Memenangkan Pemilu Legislatif Tahun 2019 di Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 66-72. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.419

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>