Peran Radio Respon 93.0 FM dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Anak di Kecamatan Batang Anai

  • Fitra Fitra Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendidikan Karakter Anak, radio, media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran radio Respon FM dalam mengembangkan pendidikan karakter anak, kendala-kendala yang ditemukan dalam program yang bermuatan pendidikan karakter bagi anak, dan upaya mengatasinya. Di daerah Kabupaten Padang Pariaman, radio Respon FM menjadi radio satu-satunya yang memiliki program siaran bermuatan pendidikan karakter anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga peran yang dilakukan radio selama proses siaran program, diantaranya menambah pengetahuan anak, mengembangkan potensi diri anak, dan membangun nilai-nilai karakter anak. Kendala-kendalanya yaitu kerjasama radio dengan pihak sekolah dan masyarakat  yang masih kurang lancar, adanya sebagian anak yang pasif dalam mengikuti siaran acara, kesulitan saat mengkondisikan anak-anak, adanya gangguan alam, dan sulitnya mendapatkan sponsor yang mendukung siaran program radio Respon FM. Upaya yang bisa dilakukan pengelola radio Respon FM yaitu melakukan sosialisasi dengan pihak sekolah dan masyarakat, dan memanfaatkan media sosial yang dimiliki radio Respon FM untuk memberikan informasi terbaru. Oleh karena itu, pihak radio Respon FM hendaknya meningkatkan program-program siaran yang mengandung pendidikan dan menambah dengan kegiatan-kegiatan diluar siaran yang menambah kreatifitas anak pada sekolah-sekolah yang berada di daerah Kecamatan Batang Anai.

References

Androw. 2014. Peran radio Hartline 94,4 FM dalam Meningkatkan Pengenalan Lingkungan Hidup kepada Warga Kelurahan Sungai Pinang dalam Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (3): 374-385.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter Konsep dan Impelentasi. Bandung: Alfabeta.
Innayah. 2014. Partisipasi Stasiun radio dalam Menyiarkan Konten Pendidikan. Jurnal Teknodi, 8 (2): 217-225.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mariana, Susanti. 2015. Pendidikan dan Hiburan dalam Drama Pendidikan (Analisis Isi Naskah Drama Radio “Generasi Edu”). Jurnal Pekomnas,18 (1): 15-26.
Muh Idris. 2019. Pendidikan Karakter: Perspektif Islam dan Thomas Lickona. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7 (1): 77-102.
Poerwadarminta W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Triartanto. 2010. Broadcasting Radio : Panduan Teori dan Praktek. Pustaka Book: Yogyakarta.
Samani & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syam’un dan Husnul. 2018. Program Balla Kayua Sebagai Penyalur Budaya (Studi Kasus pada siaran Radio Gama di Kabupaten Gowa). Jurnal Al-Khitabah, 5 (2): 17-32.
Tarida,dkk. 2017. Peran siaran radio sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi bagi orang tua untuk anak (Studi kasus pada program siaran Breakfast Club di Mom and Kids Radio) diakses tanggal 29 Agustus 2020.
Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi: Revisi diakses tanggal 22 November 2020.
Published
2021-01-17
How to Cite
Fitra, F., & Indrawadi, J. (2021). Peran Radio Respon 93.0 FM dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Anak di Kecamatan Batang Anai. Journal of Civic Education, 3(4), 450-459. https://doi.org/10.24036/jce.v3i4.448

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.