Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan

Studi Kasus di Desa Maliki Air, Kota Sungai Penuh, Jambi

  • Kiki Saputra Universitas Negeri Padang
  • Alia Azmi Universitas Negeri Padang
Keywords: kepemimpinan, perempuan, kepala desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kepemimpinan kepala desa perempuan dalam pelaksanaan program pemerintah di Desa Maliki Air, Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh. Kepemimpinan perempuan perlu dibahas disebabkan rendahnya partisipasi perempuan di bidang pemerintahan terutama menjadi seorang kepala desa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program-program pemerintahannya, kepala desa Maliki Air lebih menekankan pada dua aspek yakni; pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Ada beberapa bentuk program pembangunan yang telah dilaksanakan tahun 2019 dan 2020, yaitu: membuat drainase untuk penanganan masalah banjir, membangun jalan setapak, merehabilitasi gapura, membangun trotoar dan membangun kantor kepala desa. Sedangkan pada program pemberdayaan masyarakat, kepala desa Maliki Air melaksanakan beberapa pelatihan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yakni: pelatihan menjahit, tata boga, penetasan telur dan pelatihan mengelas. Akan tetapi masih ditemukam hambatan yang dihadapi oleh kepala desa diantaranya hambatan sosial budaya masyarakat setempat yang masih melihat perempuan tidak berhak berada di ruang publik. Hal ini disebabkan masih kuatnya budaya patriarki masyarakat desa Maliki Air. Selain itu terdapat hambatan dalam pemberdayaan masyarakat yang meliputi kondisi penduduk, partisipasi penduduk dan fasilitas atau peralatan yang dimiliki oleh perangkat desa.

References

Ahmadi Rulam. 2014. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Ar- Ruzz media.
Prasetyoningsih, D. (2016). Strategi Perempuan Kepala Desa Dalam Menerapkan Gaya Kepemimpinan Yang Demokratis Di Desa Kendal Sewu Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 3(4).
Lano P F. 2015. Fungsi kepemimipinan untuk mengurangi sikap arogansi pegawai. Jurnal. ilmu sosial dan ilmu politik Vol. 4, No. 1. Tahun 2015.
Mardiah dkk. 2018. Efektivitas kepemimpinan perempuan dalam mengatasi konflik sosial(studi pada kepemimpinan bupati kabupaten Bima dalam satu periode). Jurnal. Administrasi publik Vol. 6, No. 1 Maret Tahun 2018.
Rivai Veithzal, Bachtiar, Amar Rafli Boy. 2012. Pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT raja grafindo persada.
Silfia Hanani. 2017. Keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan publik: studi kepemimpinan ketua RT perempuan di desa Dendun Kepulauan Riau. Jurnal. KAFA’AH Vol.7, No.1. januari-juni. Tahun 2017.
UU No 6 Tahun 2016 Tentang Desa
Wahyudi Alwi. 2014. Ilmu negara dan tipologi kepemimpinan. Yogyakarta : pustaka belajar.
Wirawan. 2013. Kepemimpinan teori psikologi, prilaku organisasi, aplikasi dan penelitian. Jakarta: Rajawali pers.
Published
2021-03-30
How to Cite
Saputra, K., & Azmi, A. (2021). Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan. Journal of Civic Education, 4(1), 57-65. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.464

Most read articles by the same author(s)