Implementasi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Kota Padang

  • Bobby Serano Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: implementasi, berfikir kritis, berfikir kreatif, pembelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung dan ketakutan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk melihat dan mendeskripsikan mengenai bagaimana cara guru-guru di SMP Negeri 8 Kota Padang dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru PPKn  di SMP Negeri 8 Padang secara umum sudah mengimplementasikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Dalam mengembangkan kemampuan berpikir ini, guru-guru telah membuat rancangan pembelajaran dengan indikator yang merangsang anak untuk berpikir kritis dan kreatif contohnya dengan memakai kata kerja oprasional ranah kognitif menganalis, evaluasi, dan kreasi dari taksonomi bloom yang merangsang peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi.

References

Amasari, F. H. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 1 Depok pada pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing Tipe Proselution Posing. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif pada materi cahaya siswa kelas viii smp xaverius kota lubuklinggau. 1(1).
Azwar, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Demokrasi, 11(1).
Dianti, P., Kewarganegaraan, P. P., & Yunani, S. F. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. 23(1), 58–68.
Kurniawati, D. K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Semester Genap Kelas XI IIS 3 SMAN 5 Surakarta.
Montessori, M. (2002). Pendidikan Kewarganegaraan dan Keterampilan Berpikir. Demokrasi, 1(1).
Montessori, M. Indrawadi, J. Tiara, M. (2020). Analysis of Teacher Questions in Improving High Order Thinking Skills of Students Through Learning of Pancasila and Civic Education. Proceedings of the International Conference On Social Studies, Globalisation And Technology (ICSSGT 2019). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 458.
Nafiah, Yunin Nurun dan Wardan Suryanto. Penerapan Model Base Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi.
Permendikbud No. 58 tahun 2014 tentang tujuan pembelajaran PPKn
Published
2021-03-31
How to Cite
Serano, B., & Montessori, M. (2021). Implementasi Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 87-91. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.475

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>