Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang

  • Neancy Octavialis Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
Keywords: literasi kewarganegaraan, SMPN 11 Padang, mendongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai bentuk pembinaan literasi kewarganegaraan pada siswa SMPN 11 Padang dan kendala yang dihadapi dalam pembinaan tersebut. Kurangnya fasilitas penunjang pelaksanaan pembinaan merupakan masalah utama dalam penerapan literasi kewarganegaraan di SMPN 11 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembinaan literasi kewarganegaraan pada siswa di SMPN 11 Padang dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti membaca senyap literatur kewarganegaraan, menulis, mendongeng, kegiatan ekstrakurikuler, upacara bendera, dan kunjungan ke museum. Kegiatan tersebut juga didukung oleh berbagai sarana penunjang literasi seperti: perpustakaan, pojok literasi dan pondok literasi. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan literatur kewarganegaraan. Kendala dalam penerapan literasi kewarganegaraan di SMPN 11 adalah kurangnya ketersediaan infocus di masing-masing kelas, letak geografis sekolah yang berada di pinggir jalan raya membuat siswa kurang konsentrasi dalam proses belajar.

References

Arif, Dikdik Daehaqi. (2016). Pengembangan Komponen Kompetensi Kewarganegaraan dalam Buku Teks Pendidikan Kewarganegaraan.Jurnal Civics. Vol.13, No. 1. Juni.

Bauerlein, M. (2012). Civic literacy. Academic Questions, 25(3), 328-333.

Hamdi, I., Supraja, M., & Zubaidi, A. (2016). Dinamika Aktualisasi Diri Pemuda Rantau Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi (Studi Pada Mahasiswa Rantau Asal Sumatera Barat Di Asrama Putri Bundo Kanduang Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(3), 306-320.

Pangalila, Theodorus. 2017. Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.7, No. 1. Mei.

Raharjo, dkk. 2017. Penguatan Civic Literacy dalam Pembentukan Warga Negara yang Baik (good citizen) dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Timur). Jurnal Ketahanan Nasional.Vol. 23, No. 2. Hal 175-198.

Resmini, Wayan, dkk. 2020. Pembelajaran Literasi Civic Education untuk Menanamkan Nilai Moral Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan.Vol.8 No.1. 23-29

Yuliadari, E., Rusnaini, R., & Ariana, Y. (2018). Penguatan Civic Literacy dalam Pembelajaran Demokrasi dan Pemilu Dan Implikaisnya Terhadap Civic Atitude Mahasiswa. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 13(2), 115-122.

Yuliardi, Erna, dkk. 2018. Penguatan Civic Literacy dalam Pembelajaran Demokrasi dan Pemilu dan Implikasinya terhadap Civic Attitude Mahasiswa. Jurnal Pkn Progresif. Vol. 13, No 2. Desember

Published
2021-07-27
How to Cite
Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 122-128. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.481