Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SMAN 7 Padang
Abstract
Bullying adalah sebuah kata serapan dari bahasa inggris. Istilah bullying biasa diartikan sebagai perundungan. Perundungan yaitu sebuah pengertakan atau orang yang lemah. Perundungan merupakan prilaku agresif dan negatif seorang yang menyalahgunakan kekuatan yamg dimiliki untuk menyakiti targetnya. Dari hasil peneliti yang didapatkan ada beberapa prilaku perundungan yang pernah di lakukan oleh siswa SMA N 7 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam kegiatan wawacara yaitu, Guru Pkn, Guru Bk, dan siswa. Perilaku perundungan atau bullying tersebut berupa mengolok-olok temannya yang tampil, memanggil panggilan yang tidak disenangi. Dalam hal itu membuat si korban tidak nyaman dengan panggilan tersebut. Terdapat beberapa upaya terutama guru PKn mengatasi perilaku perundungan bullying yaitu menegur yang membully, dan memberikan arahan bahwa perilaku itu tidak pantas dikerjakan dan jika hal itu masih terulang kembali guru menindak lanjutan ke guru BK serta memberitahu orang tuanya.
References
Putri, Fellinda Arini. 2016. Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilau Bullying Di SMP Negeri 1 Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Vol 01 N0 04 Tahun 2016, 62-76
Zakiyah, Ela Zain, dkk.. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM Vol 4 N0 2 ISSN:2442-448X Juli 2017
UU No 23 Tahun 2002 Pasal 4 Tentang Perlindungan Anak
Nurussama, Alfiana. 2019. Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 5 Tahun ke-8 2019.
Yunika, dkk. 2013. Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMA Negeri Se Kota Padang. Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 2 Nomor 3 September 2013
Yenes, Ilfajri. 2016. Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor. Volume 5 Number 2 June 2016 ISSN: 1412-9760
Trisnani, Rischa Pramudia & Wardani, Silvia Yula. 2016. Perilaku Bullying Di Sekolah. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 1 (1) Tahun 2016, ISSN, 2541-6782
Dwipayanti, Ida Ayu Surya & Indrawati, Komang Rahayu. 2014. Hubungan Antara Tindakan Bullying dengan Prestasi Belajar Anak Korban Bullying pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana 2014, Vol. 1, No. 2, 251-260. ISSN: 2354-5607