Pengalaman Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 2 Rokan Hulu

  • Adilla Fitri Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengalaman Belajar, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PPKn di MTS Negeri 2 Rokan Hulu. Pengalaman belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013 dilihat dari kegiatan belajar siswa yaitu melalui pendekatan saintific approach, atau kegiatan 5 M yaitu  mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data dan mengkomunikasikan yang berpusat pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan model sequential eksplanator (urutan Pembuktian). Informan dalam penelitian ini sebanyak 88 responden untuk mendapatkan hasil angket dan 13 informan yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data terdiri dari kuantitatif dengan menggunakan validitas dan realibilitas sedangkan uji keabsahan data kualitatif menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengalaman belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PPKn melalui kegiatan saintiffic Approach (5M) sudah dilaksanakan dan respon siswa terhadap kegiatan 5M yang bermacam-macam seperti ada yang yang aktif, kreatif dan pasif dengan memadukan model pembelajaran discovery learning, PBL, dan cooperatif learning serta menggunakan menggunakan fasilitas dan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran siswa pada mata pelajaran PPKn di MTsN Rokan Hulu.

References

Daryanto.2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013.Yogyakarta: Gava Media.
Fadlillah, Muhammad. 2014. Impelemntasi Kuirkulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA.Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Hosnan, M. 2014.Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: GhaliaIndonesia.
Maulina, Putri Hendria, dkk. 2018.5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar danMengkomunikasikan) Tema Cita-Citaku Kelas IvSd Negeri 157 Palembang). Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol.5, No.2, 2018
Sanjaya,Wina 2012 .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana Prenada Media
Sudrajat, Ajat. 2017. Peranan guru PPKn dalam Penilaian Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 di SMK Ma arifat Wates Kab. Kulon Progo.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2021-03-31
How to Cite
Fitri, A., & Hasrul, H. (2021). Pengalaman Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 2 Rokan Hulu. Journal of Civic Education, 4(1), 73-80. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.485