Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Jurusan Ilmu Sosial Politik

  • Muhammad Arif Yuzanda Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Partisipasi, Mahasiswa, Kegiatan Ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di jurusan Ilmu Sosial Politik. Setiap diadakan kegiatan, selalu ada mahasiswa yang tidak ikut serta dan tidak peduli dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab mahasiswa ISP yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler jurusan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didukung dengan pendekatan kuantitatif atau disebut juga dengan metode kombinasi (mixed methods). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan juga angket. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 509 orang mahasiswa Jurusan ISP Prodi PPKn. Informan ditentukan secara purposive sampling, sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden 84 orang mahasiswa ISP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya partisipasi mahasiswa ISP dalam kegiatan ekstrakurikuler jurusan disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda-beda antar mahasiswa. Faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya partisipasi mahasiswa ISP dalam kegiatan ekstrakurikuler jurusan yaitu, faktor kesehatan, faktor ekonomi, faktor tugas kuliah, faktor kendala izin orang tua, faktor malas, dan faktor ajakan teman untuk tidak mengikuti kegiatan.

References

Arvanny, Tika. Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Studi di TK Samudera Kelurahan Air Tawar Barat. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Padang.

Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, Vol.15, No.1, Maret 2017: hal 54-64.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Hafiz, Yama. 2018. Partisipasi Mahasiswa Prodi PPKN FIS UNP dalam Kegiatan Hima. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Padang.

Ihsan, Fuad. 2018. Dasar Dasar Kependidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Permendiknas No. 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan.

Pradnyani, Ni Wayan. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi partisipasi mahasiswa fakultas ekonomi dalam mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) tahun 2014/2015. Jurnal program studi pendidikan ekonomi (JPPE). Vol.7 no.2 tahun 2016..

Putri, Rahma Tika. 2017. Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan Nagari melalui Kesenian Sandiwara Pentas di Jorong Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Padang.

Sastropoerto, S. 2011. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi Dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahron Lubis. 2011. Metodologi Penelitian. Padang: Sukabina Press

Published
2021-08-20
How to Cite
Yuzanda, M., & Indrawadi, J. (2021). Partisipasi Mahasiswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Jurusan Ilmu Sosial Politik. Journal of Civic Education, 4(2), 156-162. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.487

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>