Hambatan Pelaksanaan Pembinaan Moral di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Padang

  • Shandi Resti Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: pembinaan, moral, perempuan, LPP

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembinaan nilai-nilai moral di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah Kalapas Perempuan Kelas II B Padang, Kasi Binapi Giatja dan warga binaan pemasyarakatan LPP Kelas II B Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembinaan moral di LPP Kelas II B Padang, yaitu kurang termotivasinya warga binaan untuk mengikuti kegiatan pembinaan, kurangnya ahli di Bidang Pembinaan Khusus membina moral warga binaan, kurangnya fasilitas ruangan serta terhambatnya kegiatan pembinaan di LPP Kelas II B Padang karena Covid-19.

References

Angkasa. 2010. Over capacity narapidana di lembaga pemasyarakatan, faktor penyebab, implikasi negatif, serta solusi. Vol 10 No 3.

Astuti, Ari. 2011. Pembinaan mental narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan Yogyakarta. Vol 1 No 1.

Dwiatmodjo, Haryanto. 2013. Pelaksanaan pidana dan pembinaan narapidana tindak pidana narkotika (Studi terhadap pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan narkotika klas IIA Yogyakarta). Vol 18 No 2.

Hamja, H. 2016. Model Pembinaan Narapidana Berbasis Masyarakat (Community Based Correction). Vol 27 No 3.

Hayati, Mardiyah. 2018. Pembinaan Moral Keagamaan Dan Implikasinya Terhadap Perubahan Perilaku Narapidana Di Blok Melati Lp Kelas II A Kota Mataram. Vol.4 No 1.

Isnarmi, Try Wiganda Irfan dan Hasrul. 2019. Pembinaan Moral dan Spiritual pada Warga Binaan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Pekanbaru). Vol. 19 No 1.

Lilis, Rotua. 2014. Pelaksanaan Pembinaan Narapidana Wanita di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pekanbaru. JOM Fakultas Hukum. Vol. 1, No. 2.

Mannah. 2017. Pembinaan Moral dalam Membentuk Karakter. Jurnal Aqidah TA.Vol.III

No. 1.

Ningtyas, Erina Suhestia, Abd. Yuli Andi Gani, dan Sukanto. 2014. Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Vol 1 No 6.

Nur, Lukman dan Mustari. 2017. Pembinaan Moral Narapidana Narkotika Di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Sungguminasa Kabupaten Gowa. TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol.4 No 3.

Rina, Suprayitno, dan Salamiah. 2020. Pemberdayaan Napi Perempuan Di Lp Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian masyarakat. Vol. 3 No. 3.

Safa’ah, Yuli dan Anila. 2017. Peranan Bimbingan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Moral Narapidana An ak: Studi pada BAPAS Kelas I Semaran.V ol. 12, No 2.

Sanusi, Ahmad. 2019. Evaluasi Pelaksanaan Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka. Vol 13 No 2.

Teguh. 2015. Pembinaan Narapidana Narkotika dan Obat-Obatan Berbahaya (Narkoba) dalam Perspektif Kehidupan Religiusutas, Jurnal Cakrawala Hukum. Vol 7 No.1.

Zulfian. 2014. Implementasi Kebijakan Program Pendekatan Keluarga Sejahtera dalam pendistribusian alat kontrasepsi di Kabupaten Sintang. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi. Vol. 1 No. 2

Published
2021-08-20
How to Cite
Resti, S., & Isnarmi, I. (2021). Hambatan Pelaksanaan Pembinaan Moral di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II B Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 143-148. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.497

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.