Kehidupan Sosial Anak Pada Keluarga Narapidana Perempuan

Studi Kasus Terhadap Anak Dari Narapidana Perempuan Kasus Narkotika di LPP Kelas II B Padang

  • Riri Ayu Lestari Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: anak narapidana, narapidana perempuan, narkotika.

Abstract

Peran Ibu sangat penting dalam pengasuhan anak. Namun peran ini tidak dapat dimaksimalkan ketika Ibunya dalam masa tahanan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kehidupan sosial anak dari narapidana perempuan, khususnya narapidana yang terlibat dalam kasus narkotika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan dari lima subjek anak narapidana perempuan tidak mengalami perubahan tingkah laku ke arah negatif. Mereka mengakui tidak mau meniru tingkah laku buruk ibunya. Peran orang tua wali dari anak narapidana perempuan sangat berpengaruh dalam pengasuhan. Masyarakat lingkungan sekitar juga memberikan support kepada anak narapidana,  tanpa ada yang mengucilkannya. Hal ini menimbulkan kepercayaan diri pada anak tersebut.

References

Damayanti, M. (2018). Pola Komunikasi Narapidana Wanita dalam Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak (Studi Pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Hani, U., Setiawan, A., & Fitriyani, P. (2020). Persepsi Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan Terhadap Peran Sebagai Ibu: Studi Fenomenologi. Jurnal Smart Keperawatan, 7(1), 8-17.

Lestari, Tri. Dkk. 2016. Hubungan Pola Tingkah Laku Anak Dengan Pengawasan Orang Tua Di Desa Tanah Abang. Jurnal Kultur Demokrasi Vol.4 No.3 (2016).

Ma’sumah, M., & Ramadhana, M. (2020). Perlindungan Hukum Anak Bawaan Narapidana Perempuan Yang Dipisahkan Dengan Ibunya Di Lembaga Pemasyarakatan. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 3, No. 1, pp. 235-242).

Moleong, L.J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Panjaitan, E. (2015). Kenakalan Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Anak Kelas II A Tanjung Gusta Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Sumarauw, Y. (2013). Narapidana Perempuan Dalam Penjara (Suatu Kajian Antropologi Gender). HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 6(11b).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistira, A., Antory, R., & M Abdi, M. A. (2020) Pemenuhan Pengasuhan Anak Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Bengkulu (Doctoral Dissertation, Universitas Bengkulu).

Published
2021-08-20
How to Cite
Lestari, R., & Fatmariza, F. (2021). Kehidupan Sosial Anak Pada Keluarga Narapidana Perempuan. Journal of Civic Education, 4(2), 149-155. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.498

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>