Kualitas Pelayanan Trans Padang Sebagai Sarana Transportasi Publik di Kota Padang

  • Vara Mareta Yanela Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: kualitas pelayanan, transportasi, Trans Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kualitas pelayanan Trans Padang yang diberikan kepada masyarakat yang menggunakan menyebabkan minat masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi Trans Padang berkurang. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi kualitas pelayanan Trans Padang dan mendeskripsikan minat masyarakat dalam memanfaatkan jasa transportasi Trans Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data yang didapatkan. Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang pihak UPT Trans Padang, 9 orang masyarakat pengguna Trans Padang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Trans Padang masih belum memenuhi aspek-aspek dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Adapun aspek-aspek tersebut, yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, emphaty. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Trans Padang masih kurang karena belum memenuhi aspek-aspek dalam pemebrian kualitas pelayanan yang baik bagi masyarakat.

References

Ervany, C. D., & AS, M. R. (2019). Pelayanan Publik Dalam Program E-KTP Di Tingkat Pemerintahan Desa. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(1).

Cahyadi, R. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569-586.

Mansyur, S. (2013). Efektivitas pelayanan publik dalam perspektif konsep administrasi publik. Academica, 5(1).

Mirnasari, R. M., & Suaedi, F. (2013). Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 71-84.

Sasmito, C., & Nabunome, A. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kepuasan Pelanggan pada Pln-rayon Soe di Wilayah Kerja Puskesmas Tobu, Kabupaten Timor Tengah Selatan). Reformasi, 8(2), 136-142.

Oktariyanda, T. A., Zauhar, S., & Rochmah, S. (2013). Pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) dalam mencapai kualitas pelayanan publik yang optimal. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 16(4), 179-185.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Umuri, H. (2019). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Marisa. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 105-118.

Yuningsih, R. 2016. Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli di Kota Palu. Katalogis, 4(8).

Zayu, W. P. 2017. Analisa Kebutuhan Pelayanan Trans Padang Koridor Pusat Kota–Pusat Pemerintah. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 14(1), 53-60.

Published
2022-09-02
How to Cite
Yanela, V., & Suryanef, S. (2022). Kualitas Pelayanan Trans Padang Sebagai Sarana Transportasi Publik di Kota Padang. Journal of Civic Education, 5(3), 338-343. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.510

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.