Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan pada Remaja di Koto Duku Kelurahan Koto Lalang Kota Padang

  • Indah Rahayu Putri Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
  • Nurman S Universitas Negeri Padang
Keywords: penggunaan smartphone, remaja, Koto Duku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan di Koto Duku Kelurahan Koto Lalang, Kota Padang. Informan penelitian yaitu remaja pengguna smartphone. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan smartphone terhadap pendidikan terbagi atas dua yaitu dampak negatif dan dampak positif penggunaan smartphone terhadap pendidikan pada remaja. Dampak negatif penggunaan smartphone pada remaja yaitu remaja menghabiskan waktunya hanya bermain smartphone, remaja menjadi lalai dengan tugas sekolahnya, remaja menjadi tidak fokus dalam belajar, terjadinya penurunan prestasi pada remaja, dan remaja menjadi konsumtif dalam penggunaan smartphone. Dampak positif penggunaan smartphone pada remaja yaitu memudahkan remaja dalam mencari informasi terkait dengan tugas sekolah dan memudahkan remaja berkomunikasi dengan guru dan sesama remaja.

References

Ali, Mohammad dan Asrori, Mohammad. 2012. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Buletin APJII 2019.

Cahyo, Dandi. 2017. Penggunaan Smartphone di Indonesia. journal.foutasp.com./ (18 April 2017)

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Sumaryono.2007. Handphone dan Remaja. Jakarta Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Nikmah, Astin. 2012. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Dinas Pendidikan Surabaya. Vol 5.

Published
2022-09-02
How to Cite
Putri, I., Dewi, S., Rafni, A., & S, N. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan pada Remaja di Koto Duku Kelurahan Koto Lalang Kota Padang. Journal of Civic Education, 5(3), 344-348. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.515

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.