Pemahaman Masyarakat Petani Terhadap Urgensi Pendidikan Bagi Anak di Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur Kabupaten Agam

  • Ifa Khairun Nisa' Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
Keywords: petani, pendidikan, Parik Panjang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman orang tua yang bekerja sebagai petani terhadap pentingnya pendidikan anak di Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman masyarakat petani terhadap urgensi pendidikan anak dan mendeskripsikan apa saja faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah petani, supir, dan guru PNS. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Nagari Parik Panjang memiliki pemahaman bahwasannya pendidikan itu sangat penting bagi anak, akan tetapi banyak faktor yang menyebabkan anak tersebut putus sekolah antara lain faktor internal yaitu kurangnya kemauan anak untuk sekolah, dan faktor eksternal yaitu faktor ekonomi keluarga, tingkat pendidikan orang tua, dan lingkungan sosial.

References

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Nawawi, Ahmad. 2010. Pentingnya pendidikan nilai moral bagi generasi penerus. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manager Pendidikan. Volume 9. Nomor 3

Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-teori Pendidikan Dalam Al-qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 7. Nomor 1

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vinny, dkk. 2017. Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan. Volume 2. Nomor 5

Published
2021-12-31
How to Cite
Nisa’, I., & Ananda, A. (2021). Pemahaman Masyarakat Petani Terhadap Urgensi Pendidikan Bagi Anak di Nagari Parik Panjang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Journal of Civic Education, 4(3), 295-301. https://doi.org/10.24036/jce.v4i3.521

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.