Pola Pembinaan Karakter pada Rumah Anak Sholeh di Kelurahan Purus Kota Padang

  • Aris Ikhwan Universitas Negeri Padang
  • Ideal Putra Universitas Negeri Padang
Keywords: pembinaan, karakter, Rumah Anak Sholeh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembinaan karakter pada Rumah Anak Sholeh. Rumah anak sholeh adalah lembaga non formal berupa rumah singgah bagi anak-anak yang berusia 6- 12 tahun atau setara siswa Sekolah Dasar yang mengutamakan pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah mentor Rumah Anak Sholeh, manager Rumah Anak Sholeh, murid Rumah Anak Sholeh dan orang tua murid Rumah Anak Sholeh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu tringulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan karakter (religius, disiplin dan bersahabat) pada Rumah Anak Sholeh menggunakan berbagai metode. Metode pembiasaan dan metode mau’idah atau nasehat untuk membina karakter religius, metode pembiasaan dan metode keteladanan untuk membina karakter disiplin dan metode hiwar atau dialog, metode Qisah atau cerita, metode bermain peran, metode pembelajaran partisipatif, dan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari untuk membina karakter bersahabat.

References

Afrizal. 2016. Metode Penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Cahyono, Hadi. 2015. Pola Pengembangan Karakter Murid Sebuah Studi SDN 1 Polorejo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 3, No. 2)
J. Moleong, Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muslich, Masnur.2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multi dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Muyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
M.Nasahudin. 2016. Pola Pendidikan Karakter Dengan Konsep Spritualisasi Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Tempurrejo Ngawi). Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam( Vol. 1, No 2).
Nufus, Fika Pijaki& M. Hilman Hakiem. 2019. Pola Pendidikan Karakter Melalui Penerapan 9 Pilar di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. Jurnal Aksara Public (Vol. 3, No.2).
Salim, Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.
Samani, Mukhlas dan Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan wR&D). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa. Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
Published
2022-01-19
How to Cite
Ikhwan, A., & Putra, I. (2022). Pola Pembinaan Karakter pada Rumah Anak Sholeh di Kelurahan Purus Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(4), 346-353. https://doi.org/10.24036/jce.v4i4.529

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.