Pesan Politik Calon Presiden dan Wakil Presiden di Media Sosial Instagram pada Pemilihan Umum Tahun 2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pesan politik calon presiden dan wakil presiden pada pemilihan umum tahun 2019 melalui media sosial instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik penelitian analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil postingan pada instagram yang memuat pesan politik pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu November 2018 - April 2019 yang dimulai dari masa pencalonan hingga masa kampanye berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pasang calon Presiden dan Wakil Presiden menyampaikan pesan politik di bidang sosial, ekonomi, politik dan budaya kepada masyarakat. Pesan tersebut belum mencerminkan kenyataan yang ada di masyarakat karena masih bersifat umum dan belum spesifik mengatasi persepsi publik tentang ketimpangan sosial.
References
Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta
Baron, R. A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Damayanti, Alfi Sari Nastiti, Dian Purworini. 2018. Pembentukan Harga Diri: Analisis Presentasi Diri Pelajar SMA di Media Sosial. Jurnal Komunikasi ISSN 2085-1979, EISSN 2528 2727 Vol. 10, No. 1, Juli 2018
Susanto, Eko Harry, (2013). Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 1, No. 2, Desember 2013.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. (2007). How to Design and Evaluate Research in Education. Singapore: The McGraw-Hill Companies
Miriam Budiardjo. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka
Mulyana, Deddy (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Pawito. 2009. Komunikasi Politik Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta: Jalasutra.
Rakhmat, Jalaluddin, 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Solis, B., Breakendridge D. (2009). Putting the Public Back in Public Relations: How Social Media Is Reinventing The Aging Business of PR. New Jersey: Pearson Education Inc.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74