Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Tugas Akhir Skripsi di Program Studi PPKn FIS UNP
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya melakukan evaluasi terhadap pengelolaan pelayanan tugas akhir skripsi di Prodi PPKn FIS UNP. Keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan tepat waktu sangat ditentukan oleh pelayanan yang diberikan oleh masing-masing prodi tersebut. Namun kenyataannya masih banyak ditemui mahasiswa angkatan 2016, 2017 yang belum menyelesaikan tugas akhir skripsi sebagai salah satu prasyarat untuk mendapat gelar sarjana. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pelayanan tugas akhir skripsi di prodi PPKn FIS UNP. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket melalui google form dengan jumlah sampel 59 orang mahasiswa Prodi PPKn angkatan 2016 dan 2017. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penghitungan terhadap tingkat capaian responden (TCR) dengan skala sangat rendah (SR), rendah ( R ), sedang (S), tinggi (T), sangat tinggi (ST). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa tingkat capaian responden (TCR) terhadap pelayanan pengajuan judul skripsi mencapai indeks 69% dengan kriteria capaian sedang (S). pelayanan penyelesaian skripsi dengan indeks 70% dengan kriteria capaian sedang(S).dan pelayanan pada proses ujian skripsi dengan indeks capaianĀ 74,1% dengan kategori capaian seddang(S). Sehingga dapat disimpulkan dari keseluruhan pelayanan tugas akhir skripsi hanya mencapai indeks 70,5% dengan kategori capaian sedang (S).
References
Fadillah, S dan Darma Yudi. 2014. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan(Studi Deskriptif di STKIP PGRI Pontianak). Jurnal Edukasi. Vol.1 No.1.
Husnayetti. 2012. Tingkat kepuasan mahasiswa dan proses belajar mengajar di perguruan tinggi x. Jurnal Liquidity. Vol. 1 No. 2.
Ibnu Hadjar. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada,
Iradawati S,N. 2018. Pengaruh kualitas layanan administrasi dan fisik kampus terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Yos Sudarso Surabaya. Global. Vol 02 No 02. ISSN 2540-959X.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D,(Bandung: Alfabetha
Udjang, R dan Subarjo. 2019. Analisis tingkat kepuasan mahasiswa pada kualitas layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal perilaku dan strategi bisnis. Vol.7 No. 1.