Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman mahasiswa tahun masuk 2020 PPKn UNP terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning dan adanya kendala-kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran berbasis E-learning seperti kendala dalam pemahaman materi pembelajaran berbasis dan kendala pada koneksi internet yang kurang stabil. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskristif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari proses pererncaaan, proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen yang sesuai dengan Peraturan Rektor UNP Nomor. 08 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Melalui E-learning di UNP. Terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis E-learning masa Covid-19 pada mahasiswa tahun masuk 2020 pertama, kurangnya pemahaman materi oleh mahasiswa dengan pembelajaran berbasis E-learning dan kendala koneksi internet.
References
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E- learning Sebagi Media Pembelajaran. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Andayani, D. D (2020).Penerapan E-learning sebagai Alternafif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Peluang dan tantangan pengabdian Kepada Masayarakat yang Inovatif di era kebiasan baru
Anwar, Viyanti Okta. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis E- learning Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Budi, Brian Nurjayanti. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Online Berbasis E- learning ( Studi Kasus Mata Kuliah Bahasa Pemrograman). Jurnal Sain Terapan Edisi II vol.2 (21).
Budiman, Aris. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pada SMK di Pontianak, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi.Vo.2 (2)
B. Miles dan Micheal A. Huberman, Qualitative dan Analysis, Beverly Hill: Sage Publication, 1984
Cintia, Tiara. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Pendemi Covid -19 Di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Dahiya,S., Jaggi,S., Chaturvadi, K.K.Bhardwaj, A., Goyal,R.C. and Vargheses,C., 2016. An eLearning System for Agiculutural Education.Indian Research Jurnal of Extensial Education, 12(3).
Darman (2014).Analis Respon Mahasiswa Terhadap Pengunaan Bahan Ajar Melalui E- leraning Dalam Perkulihan. Jurnal Prasiding Seminar Nasional FKIP.
Darmawan Deni. 2014. Pengembangan E- learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya
Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 202. Dampak Covid -19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan
Erik, T. (2013).Implementasi Pembelajaran E- learning (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi Program Studi DIII Kebidanan). Jurnal Healthy vol.2. No.1, 50-51.
Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2020. Implementasi Manajemen Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.
Firdaus. (2020). Implementasi Hambatan pada Pembelajaran Daring Dimasa Pendemi Covid -19. Jurnal Utile.
Haryanto. (2017). Kajian Implementasi Pebelajaran Berbasis E- learning dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technologi (UTAUT). Jurnal Khatulistiwa informatika, Vol.v, No. 1
Haryanto. (2017). Legal E- learning and E- Government.In Encyclopedia Of Digital Government.
Hartley, Darin E(2001). Salling e-learning. American Society For Training and Development
Karwati, Euis. ( 2014 ). Pengaruh Pembelajaran Elektronik ( E- learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan komunikasi Vol.17 No 1.
Kamarga, Hanny. 2002. Belajar Sejarah Melalui e-learning; Alternatif Mengakas Sumber Informasi Kesejaran. Jakarta: Inti Media
Mailangkay, A. S. (2016). Penerapan E- learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmia Widya.Vol.3 (4).
Moleong, L. 2012. Metedologi Penelitian Kualitatif: Edisi revisi. Bandung: Rosdakarya