Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP

  • Gusti Selfi Universitas Negeri Padang
  • Akmal Akmal Universitas Negeri Padang
Keywords: proses pembelajaran, e-learning, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya pemahaman mahasiswa tahun masuk 2020 PPKn UNP terkait pelaksanaan pembelajaran berbasis e-learning dan adanya kendala-kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran berbasis E-learning seperti kendala dalam pemahaman materi pembelajaran berbasis dan kendala pada koneksi internet yang kurang stabil. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskristif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari proses pererncaaan, proses pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen yang sesuai dengan Peraturan Rektor UNP Nomor. 08 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Melalui E-learning di UNP. Terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis E-learning masa Covid-19 pada mahasiswa tahun masuk 2020 pertama, kurangnya pemahaman materi oleh mahasiswa dengan pembelajaran berbasis E-learning dan kendala koneksi internet.

References

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E- learning Sebagi Media Pembelajaran. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Andayani, D. D (2020).Penerapan E-learning sebagai Alternafif Pembelajaran di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Peluang dan tantangan pengabdian Kepada Masayarakat yang Inovatif di era kebiasan baru

Anwar, Viyanti Okta. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis E- learning Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SD Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Budi, Brian Nurjayanti. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Online Berbasis E- learning ( Studi Kasus Mata Kuliah Bahasa Pemrograman). Jurnal Sain Terapan Edisi II vol.2 (21).

Budiman, Aris. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-learning Pada SMK di Pontianak, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi.Vo.2 (2)

B. Miles dan Micheal A. Huberman, Qualitative dan Analysis, Beverly Hill: Sage Publication, 1984

Cintia, Tiara. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Pendemi Covid -19 Di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Dahiya,S., Jaggi,S., Chaturvadi, K.K.Bhardwaj, A., Goyal,R.C. and Vargheses,C., 2016. An eLearning System for Agiculutural Education.Indian Research Jurnal of Extensial Education, 12(3).

Darman (2014).Analis Respon Mahasiswa Terhadap Pengunaan Bahan Ajar Melalui E- leraning Dalam Perkulihan. Jurnal Prasiding Seminar Nasional FKIP.

Darmawan Deni. 2014. Pengembangan E- learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya

Daryanto dan Raharjo Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 202. Dampak Covid -19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan

Erik, T. (2013).Implementasi Pembelajaran E- learning (Studi Kasus Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi Program Studi DIII Kebidanan). Jurnal Healthy vol.2. No.1, 50-51.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. 2020. Implementasi Manajemen Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.

Firdaus. (2020). Implementasi Hambatan pada Pembelajaran Daring Dimasa Pendemi Covid -19. Jurnal Utile.

Haryanto. (2017). Kajian Implementasi Pebelajaran Berbasis E- learning dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technologi (UTAUT). Jurnal Khatulistiwa informatika, Vol.v, No. 1

Haryanto. (2017). Legal E- learning and E- Government.In Encyclopedia Of Digital Government.

Hartley, Darin E(2001). Salling e-learning. American Society For Training and Development

Karwati, Euis. ( 2014 ). Pengaruh Pembelajaran Elektronik ( E- learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan komunikasi Vol.17 No 1.

Kamarga, Hanny. 2002. Belajar Sejarah Melalui e-learning; Alternatif Mengakas Sumber Informasi Kesejaran. Jakarta: Inti Media

Mailangkay, A. S. (2016). Penerapan E- learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmia Widya.Vol.3 (4).

Moleong, L. 2012. Metedologi Penelitian Kualitatif: Edisi revisi. Bandung: Rosdakarya

Published
2021-10-31
How to Cite
Selfi, G., & Akmal, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. Journal of Civic Education, 4(3), 212-218. https://doi.org/10.24036/jce.v4i3.543

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.