Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pentingnya penegakkan kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 disekolah agar sekolah tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berupaya menegakkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan 5M secara baik yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, namun masih ada warga sekolah yang tidak menerapakan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik. Terdapat beberapa faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu kurangnya kesadaran dan ketaatan warga sekolah dalam menaati aturan yang berlaku, sanksi yang diberikan kurang memberikan efek jera bagi warga sekolah yang melanggar serta adanya pengaruh dari lingkungan sekitar. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi faktor penghambat kedisiplinan sekolah dalam menerapkan protokol kesehatan yaitu bekerja sama dengan pihak lain seperti Kepolisian, Satpol PP, BPBD dan Lembaga Kesehatan untuk mensosialisasikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, melakukan razia protokol kesehatan, memberikan sanksi, dan membuat slogan tentang wajib mematuhi protokol kesehatan dilingkungan sekolah.
References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
Anggito Albi & Johan Setiawan. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Sukabumi Jawa Barat: Cv Jejak.
Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Djumiko, Slamet Fauzan, Muhammad Jailani. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik Jurnal Pendidikan, September 2020, Volume 15 Nomor 2, (56-69).
Fathurrohman Pupuh. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama.
Firmansyah Yudi & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Vol. 4. No 2. Issn : 2541-6995 E Issn : 2580-5517.
Meleong, Lexy. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musri. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru Dan Karyawan Di Smp Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans Dan Erudisi.Vol. 1 No.1
Nofrita Ita, Ike Anita, Ludi Hermawan, Dedi Junaedi. (2020). Pemberdayaan Sekolah Merdeka Melalui Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Sekolah Bebas Covid-19. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti. Vol. 2. No.2.
Puspitaningrum Dewi & Totok Suyanto. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di Smp Negeri 28 Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan Nomor 2 Volume 2 Tahun 2014, Hal 343-357.
Putra Mujiono Sang. (2019). Kebijakan Dan Aturan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kedisiplinan Peserta Didik Di Sma N 2 Dompu. Jppkn Vol 4, No.1, Juni 2019 Issn 2541-6707.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfa Beta.
Tu’u Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.