Perempuan Pedagang dan Kontribusinya dalam Ekonomi Keluarga

Studi di Pasar Baru, Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan

  • Mesi Dirgahayu Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: perempuan pedagang, ekonomi keluarga, Pesisir Selatan

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana perempuan pedagang memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, faktor pendukung dan penghambat perempuan pedagang serta bagaimana kontribusinya dalam ekonomi keluarga. Informan penelitian ini adalah perempuan pedagang, keluarga, dan masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga yaitu mempersiapkan barang dagang, melayani pembeli, penutup barang dagang. Faktor pendukungnya meliputi keamanan, adanya jaminan sosial dari pemerintah, dukungan keluarga, dan budaya transaksi sesama pedagang. Adapun faktor penghambatnya adalah persaingan tidak sehat, tanggung jawab kegiatan sosial dan kondisi fisik. Rata-rata penghasilan dikontribusikan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Di antaranya untuk keperluan sandang, pangan, biaya keperluan sekolah atau biaya pendidikan anak, biaya pengobatan anggota keluarga, serta biaya untuk kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh masyarakat.

References

Dimyati. 2011. “ aktivitas dan kegiatan kelompok Pedagang depan Pasar Glosir Tanah Abang di Koridor Jaln KH. Mas Mansyur – Jakarta.” Jurnal Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Sipil. 4

Farida, Lena. 2011. “Kontribusi Pendapatan Perempuan Bekerja Sektor Informal Pada Ekonomi Keluarga Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Aplikasi Bisnis 1(2).

Firdausa, Rosetyadi Artistyan. 2012. “Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintoro Demak, Semarang.” Universitas Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

(Perpres RI No.112 2007).

Sinaga,Robert. Melfianti Romauli Purba. 2020. “ Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid-19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur dan Buah di Pasar Tradisional " Pajak Pagi Pasar V" Padang Bulan." jurnal Regionomic 2(2)

Sopamena, Junianita Fridianova. 2019. “Kontribusi Perempuan Terhadap Penerimaan Rumah Tangga Masyarakat Pulau Kecil(Studi Kasus Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon.” Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis 3(4).

Sugiyono, Soerjono.2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Edisi baru Rajawali Pers

Suhartawan, Viva Virginia, Abraham Mohammad Ridjal, and Indyah Martiningrum. " Toleransi Pedagang Lokal dalam Aktivitas Perdagangan di Pasar Tradisional Youtefa, Abepura.

Sukesi, Keppi and Devi Ayu Ferlinda. 2012. “Persepsi Wanita Pedagang Terhadap Pasar Induk Puspa Agro Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga.” Junal Agrise XII(1).

Walipah, Naim. 2016." faktor-faktor yang mempegaruhi niat berwirausaha mahasiswa. Jurnal Ekonomi Modernisasi 12(3)

Published
2021-12-12
How to Cite
Dirgahayu, M., & Fatmariza, F. (2021). Perempuan Pedagang dan Kontribusinya dalam Ekonomi Keluarga. Journal of Civic Education, 4(3), 247-252. https://doi.org/10.24036/jce.v4i3.546

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.