Konkretisasi Kelompok Sadar Wisata dalam Pengembangan Ekowisata

Studi di Kenagarian Abai Kabupaten Solok Selatan

  • Zul Fahmi Universitas Negeri Padang
  • Ideal Putra Universitas Negeri Padang
Keywords: pokdarwis, ekowisata, lingkungan hidup

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk partisipasi, faktor yang mempengaruhi dan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata di kenagarian Abai. Adapun yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata, sehingga wisata yang ada di kenagarian Abai belum berjalan secara optimal. Metedeologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampling  dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data mengunakan teknik triangulasi data. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis mengunakan teknik analisis data yang terdiri dari  reduksi data, sajian data data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemauan masyarakat untuk berpatisipasi dalam pengembangan ekowisata di Nagari Abai sangat rendah, kemauan masyarakat untuk ikut berpatisipasi hanya dalam bentuk partisipasi pemikiran dan harta benda saja. Sedangkan partisipasi masyarkat dalam betuk tenaga dan keterampilan sangat rendah sekali atau sama sekali tidak ikut berpatisipasi dalam bentuk tenaga atau keterampilan untuk kegitan ekowisata di Nagari Abai.  Kemudian faktor yang mempengaruhi terhadap partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata dapat dilihat dari, kesempatan, keamauan dan kemampuan. Kelompok Sadar Wisata Abai melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata mulai dari pelatihan, serta melakukan sosialisasi dengan memberikan pemahaman mengenai ekowisata berwawasan lingkungan hidup.

References

Rahim, Firmansyah. 2012. Buku Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta. Pengembangan Destinasi Pariwisata

Lexy J. Muleong. 2005. Metedeologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudaryono. 2016. Metedeologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Priyanto, P. (2016). Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Budaya Tinjauan Terhadap Desa Wisata Di Jawa Tengah. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(1).

Putrawan, P. E., & Ardana, D. M. J. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Locus, 11(2).

Musriadi, M. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Taman Arum Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Tahun 2018 (Studi Pada Desa Wisata Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara). Mahakam: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1).

Hadji, K., Wahyudi, M., & Pratama, A. B. (2017). Potensi dan Pengembangan Wahana Obyek Wisata Alam sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Keluarga di Kabupaten Magelang. URECOL, 231-236.

Suryawan, A. (2016). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sendang Arum Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata (Studi Kasus Di Desa Wisata Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung). Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 5(6), 143-152.

Krisna, E. (2016). Batombe: Warisan Budaya Bangsa dari Nagari Abai Provinsi Sumatera Barat. Madah, 7(2), 159-166.

Sarkawi, D. (2012). Pengaruh Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Penilaian Budaya Lingkungan (Studi Ex Post Facto Di Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer Bina Sarana Informatika Jakarta). Cakrawala-Jurnal Humaniora, 12(2), 123-131.

Barlian Eri. 2016. Metedeologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press

Ramadhan, M. B. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata Hutan Pinus Berbasis Ekonomi Kerakyatan (Studi di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, IAIN).

Ibori, A. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tembuni Distrik Tembuni Kabupaten Teluk Bintuni. Governance, 5(1).

Published
2021-12-31
How to Cite
Fahmi, Z., & Putra, I. (2021). Konkretisasi Kelompok Sadar Wisata dalam Pengembangan Ekowisata. Journal of Civic Education, 4(4), 326-333. https://doi.org/10.24036/jce.v4i4.551

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.