Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PPKn SMPN di Kabupaten Dharmasraya

  • Apaking Basuki Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: profesionalitas, guru PPKn, MGMP, ICT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya dan faktor penghambat  dalam peningkatan profesionalisme guru PPKn SMPN di Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sumpling. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dkoumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan profesinalisme guru di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya pemerintah melalui dinas pendidikan setempat berupaya meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan MGMP dan pelatihan. Adapun pelatihan tersebut yakni pelatihan penggunaan komputer dalam membuat media pembelajaran seperti membuat video, memasukkan gambar, membuat PPT, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran. Disamping itu tedapat juga pelatihan untuk guru di luar bidang studi yakni seperti mengikuti diklat, workshop dan pelatihan penulisan karya ilmiah. Akan tetapi, dalam meningkatkan profesionalisme guru PPKn di Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya masih ada beberapa hambatan yakni pertama tempat penyelenggaraan kegiatan yang terlalu jauh, kedua guru kesulitan dalam pemenuhan jam atau membagi waktu, ketiga masih terdapat kepala sekolah yang kurang mendukung kegiatan MGMP, dan kelima masih minim ketersediaan  sarana LCD, dan infokus, keenam MGMP PPKn dilaksanakan bertepatan dengan jam mengajar guru disekolah sehingga menyebabkan guru tidak rutin mengikuti kegiatan MGMP.

References

A.Sardiman M, 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Ananda azwar, dkk, 2019. Upaya MGMP Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Ppkn Smp Di Kota Padang. Journal of Civic Education Vol.2 No.1 2019.

Permenristekdikti No. 55 Tahun 2017 Tentang standar Pendidikan.

Husnia, arfan 2014. Studi Tentang Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA NEGERI 11 Makassar. Jurnal Tomalebbi Vol 2 No 2

Ahmadi Rulam. 2014. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Ar- Ruzz media.

Published
2022-04-19
How to Cite
Basuki, A., Hasrul, H., Ananda, A., & Montessori, M. (2022). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru PPKn SMPN di Kabupaten Dharmasraya. Journal of Civic Education, 5(1), 134-139. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.577

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.