Upaya Satpol PP dalam Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat terhadap Aturan Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Ellysia Syafitri Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
  • Yusnanik Bachtiar Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Prima Ersya Universitas Negeri Padang
Keywords: satpol PP, pandemi Covid-19, adaptasi kebiasaan baru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aturan adaptasi kebiasaan baru diharapkan menjadi sebuah solusi bagi masyarakat dalam menghadapi Covid-19 yang banyak memberikan dampak terhadap keberlangsungan hidup masyarakat. Namun, pada kenyataannya pelaksanaan aturan adaptasi kebiasaan baru sulit terlaksana dengan baik. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau upaya Satpol PP dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan adaptasi kebiasaan baru. Jenis peneltian ini menggunakan penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan ialah purposive sampling terdiri dari Satpol PP, Wali Nagari dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisa menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya dalam pelaksanaan Satpol PP di lapangan. Pertama, upaya preventif berupa sosialisasi berbentuk seminar dan sosialisasi langsung ke masyarakat, Kedua upaya represif berupa teguran lisan dan sanksi sosial kepada masyarakat, Ketiga upaya persuasif mengajak masyarakat berupa himbauan door to door dan spanduk serta pamflet di tempat umum. Upaya-upaya tersebut telah dilakukan oleh Satpol PP dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan adaptasi kebiasaan baru namun belum maksimal dari segi efektifitas karena masyarakat yang kesulitan dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru tersebut.

References

Anggraeni & Daryati. (2021). Optimalisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2):40.

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2020. Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. [Internert].

Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Suaib, E., Jamal., Indriati, Ratna. (2021). Optimalisasi Peran Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Lampung dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Pelayanan Publik. 7(1).

Tauratya. 2018. Faktor Penyebab Timbulnya Kepatuhan Masyarakat Terhadap Hukum. Jurnal Ilmu Syariah dan Perbankan Islam. 3(12).

Yanuarita, H & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya di Kota Malang dan Konsep Strategis dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika. 2(2):58-71

Published
2022-06-29
How to Cite
Syafitri, E., Muchtar, H., Bachtiar, Y., & Ersya, M. (2022). Upaya Satpol PP dalam Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat terhadap Aturan Adaptasi Kebiasaan Baru. Journal of Civic Education, 5(2), 150-157. https://doi.org/10.24036/jce.v5i2.580

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.