Adaptasi Sosial Perempuan Sebagai Kepala Keluarga

  • Nining Aulia Putri Mahasiswa
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: gender, adaptasi, kepala keluarga

Abstract

Peran kepala keluarga pada umumnya dipegang oleh laki-laki. Namun, posisi tersebut dapat berubah disebabkan oleh  beberapa hal sehingga peran kepala keluarga harus dijalankan oleh perempuan. Perempuan diharuskan dapat menyesuaikan diri dalam statusya sebagai kepala keluarga dalam perannya dibidang publik, domestik dan sosial. Dalam menjalankan perannya sebagai kepala keluarga, terdapat strategi yang dimiliki perempuan kepala keluarga baik itu internal maupun eksternal. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan adaptasi sosial dan strategi yang dimiliki perempuan dalam perannya sebagai kepala keluarga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara. Selanjutnya dilakukan reduksi data terhadap hasil wawancara tersebut hingga didapatkan data yang paling absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi benturan peran antara publik, domestik dan peran sosial yang harus dijalankan oleh perempuan kepala keluarga, sehingga membuat salah satu peran tidak berjalan dengan baik. Adaptasi yang dilakukan perempuan kepala keluarga dibantu dengan dorongan baik dari dalam diri maupun dari luar diri perempuan kepala keluarga.

References

Fahmi, R., & Khairulyadi, K. (2018). Menjanda Dan Memaknai Keluarga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(1).
Florencya, A., & Hasanuddin, T. (2021). Pola Adaptasi dan Kemandirian Perempuan Kepala Keluarga Pasca Perceraian. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 1-9.
Gufron, M., & Risnawati, NR. (2014). Teori – Teori Psikologi. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.
Ariesta, Putri Septyaning Rahayu. (2015) Peran Sosial Perempuan Dalam Keluarga Dan Masyarakat: Studi terhadap Buruh Industri Perempuan PT. Sekar Group di Desa Pucang, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Skripsi Thesis: Universitas Airlangga, 15
Qibtiyah, Mariatul. (2015). Rethinking Peran perempuan dalam Keluarga. Jurnal Karsa, 23(1).
Sihombing, P. R., & Rahani, R. (2021). Faktor Yang Memengaruhi Kesejahteraan Rumah Tangga Yang Dipimpin Perempuan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 225-232.
Soekanto, Soerjono. (2000). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada
Soepareoto, dkk. (2004). Psikologi Perkembangan. Semarang : Unnes Press
Tuwu, D. (2008). Peran Perempuan dalam Ekonomi Keluarga: dari Peran Domestik Menuju Peran Publik. Al-Azzah : Jurnal hasil-hasil Penelitian, 13(1), 63-67
Wibawa, R. P., & Wihartanti, L. V. (2018). Peran Perempuan Kepala Keluarga dalam Menciptakan Kesejahteraan Keluarga. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 145-152.
Wiradharma, G. Lingkungan Baru: Adaptasi Budaya Oleh Dosen CPNS. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 109-118.
Wiradinata K. Indra. 2013. Ciri Khas Kebudayaan Indonesia. (http://create-yourdream.blogspot.com/2013/04/ciri-khas-kebudayaan-indonesia.html) diakses pada 18 januari 2021, 21:15.
Undang-Undang No 16 Tahun 2019 tentang perkawinan
Published
2022-01-19
How to Cite
Putri, N., & Montessori, M. (2022). Adaptasi Sosial Perempuan Sebagai Kepala Keluarga. Journal of Civic Education, 4(4), 363-370. https://doi.org/10.24036/jce.v4i4.586

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.