Analisis Bentuk-Bentuk Implementasi Karakter Peduli Sosial pada Petani Sawit Koperasi Perintis Pir Bun Ophir

  • Wennanda Ilusiamy Helmiwan Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Ideal Putra Universitas Negeri Padang
Keywords: karakter peduli sosial, petani sawit, koperasi

Abstract

Artikel ini bertujuan menggambarkan bentuk-bentuk kepeduli sosial petani KPS Perintis Pir Bun Ophir kepada anggota dan juga masyarakat sekitar. Latarbelakang penelitian ini adalah kepedulian sosial yang dilakukan KPS Perintis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengurus serta anggota KPS Perintis dan masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Data diuji dengan teknik triangulasi yakni data diuji pada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Ditemukan data yang berbeda dan sama, sehingga peneliti menguji data pada sumber berbeda. Data dianalisis sebagaimana Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan peneliti menunjukkan di dalam KPS Perintis adanya kepedulian sosial, yaitu; menjenguk dan memberi bantuan kepada anggota yang sakit serta meninggal dunia, membagi hasil perkebunan secara rata, adanya pengumuman beasiswa BPDP, dana simpan pinjam, dan gotong royong di perkebunan sawit, adanya dana sosial wilayah kerja, bantuan kepada sekolah, dan menciptakan lapangan kerja.

References

Astamal, Firman, & Rudinal. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Siswa di SMAN 3 Payakumbuh. 5(1), 79–84.

Manuputty, A. J. M., & Nahuway, L. (2021). Profil Pranata Sosial Komunitas Suku Nuaulu di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah. Hipotesa, 15(1), 1–18.

Rifa, M. A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan moral siswa di sekolah berbasis islamic boarding school. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III

Sari, P. M. R., & Priyanto, A. S. (2019). Silaturahmi sebagai Bentuk Utama dalam Kepedulian Sosial pada Tradisi Weh-Wehan di Kaliwungu. Politik Dan Kewarganegaraan, 8(01), 41–50.

Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Masyarakat Pluralisme di Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 179–192.

Sugiyanto, T. I. (2002). Islam dan Pranata Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sya’bani, A. (2020). Hubungan antara Empati dengan Perilaku Altruisme pada Masyarakat Perkotaan. Disertasi. UIN Raden Intan Lampung.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter; Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenada Medis Group.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Published
2022-04-15
How to Cite
Helmiwan, W., Isnarmi, I., Montessori, M., & Putra, I. (2022). Analisis Bentuk-Bentuk Implementasi Karakter Peduli Sosial pada Petani Sawit Koperasi Perintis Pir Bun Ophir. Journal of Civic Education, 5(1), 127-133. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.594

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.