Implikasi terhadap Ibu dalam Pelaksanaan Pendampingan dan Pengawasan Anak Belajar Online dari Rumah

  • Ifijalia Nofila Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
  • Nurman S Universitas Negeri Padang
Keywords: implikasi, beban ganda, belajar online

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implikasi terhadap ibu dalam pelaksanaan pendampingan dan pengawasan anak belajar online dari rumah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pengamatan (observasi) yang didukung dengan wawancara serta studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh dilakukan pengujian data melalui ketekunan pengamatan, member check, dan triangulasi sumber. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sebagaimana menurut teori Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa implikasi terhadap ibu dalam pelaksanaan pendampingan dan pengawasan anak belajar online dari rumah yaitu, implikasi terhadap psikis ibu, dan implikasi terhadap pekerjaan ibu.

References

Afrizal, S., Legiani, W. H., & Rahmawati. (2020). Peran Perempuan Dalam Upaya Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Keluarga Pada Kondisi Pandemi Covid-19. Untirta Civic Education Journal, 5(2), 149–162.

Aisyatin Kamila. (2020). Peran Perempuan Sebagai Garda Terdepan Dalam Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 75–83.

Darmayanti, A., & Budarsa, G. (2021). Peran Ganda Perempuan Bali di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 8(1), 1.

Dilawati, R., Zulaiha, E., & Huraiani, Y. (2021). Perempuan dan Ketahanan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Mantan Para Pekerja Perempuan di Kota Bandung. Journal of Society and Development, 1(2), 46–58.

Erni, S., Yasnel, Y., Roza, E., Yola, M., & Salmiah, S. (2020). Pendamping Belajar Atau Guru Baru? Fenomena Aktifitas Ibu Dalam Proses Bdr Siswa Sd Masa Pandemi Covid 19. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 19(2), 108–120.

Handayani, R. (2020). Multi Peran Wanita Karir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 04(1), 1–10.

Handayani, T., Salim, I., & Hidayah, R. Al. (2021). Analisis Peran Ganda Istri Yang Bekerja Sebagai Karyawan Perkebunan Sawit Dalam Upaya Menunjang Pendidikan Formal Anak Di Desa Sebawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–9.

Hanjani, V. P. (2021). Wanita dan Pandemi Covid-19: Sebuah Beban Khas untuk Wanita. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 4(2), 118–125.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Tasyri’, 27, 23–32.

Imanti, V., & Triyono. (2018). Dampak Psikologis Wanita Karir Korban Cyber Bullying. Jurnal An-Nida, 10(2), 199–132.

Marliani, R., Nasrudin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Regulasi Emosi, Stres, dan Kesejahteraan Psikologis: Studi Pada Ibu Work from Home dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Digital Library: UIN Sunan Gunung Jati, (May), 1–12.

Putri, Y. A. & I. R. (2021). Mengungkap Beban Ganda pada Ibu di Masa Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 01(01), 101–116.

Rahmi, M. (2020). Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 81–105.

Ramadani, N. (2016). Implikasi Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat. Sosietas, 6(2).

Roesli dkk, M. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam, Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 332–345.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (ke-19). Bandung: Alfabeta.

Thania, I., Pritasari, S. P., Theresia, V., Suryaputra, A. F., & Yosua, I. (2021). Stres akibat Konflik Peran Ganda dan Coping Stress pada Ibu yang Bekerja dari Rumah selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 1(1), 25–50.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 20–28.

Yarsiah, R. D., & Azmi, A. (2020). Beban Ganda Buruh Tani Perempuan di Jorong Limpato Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Journal of Civic Education 3(3), 250–256.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4 ed.). Jakarta: Kencana.

Published
2022-04-12
How to Cite
Nofila, I., Dewi, S., & S, N. (2022). Implikasi terhadap Ibu dalam Pelaksanaan Pendampingan dan Pengawasan Anak Belajar Online dari Rumah. Journal of Civic Education, 5(1), 76-82. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.604

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.