Implikasi Pembelajaran Daring Terhadap Kehidupan Keluarga pada Masa Covid-19

  • Nafsil Afdila Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
Keywords: pembelajaran daring, keluarga, siswa, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak pembelajaran daring terhadap kehidupan keluarga berdasarkan kelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap kehidupan keluarga berdasarkan kelas atas, menengah dan bawah. Jenis penelitiannya penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, terdiri dari ayah, ibu, anak dan guru. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data terhadap data yang digunakan dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa pembelajaran daring mempunyai implikasi yang berbeda pada keluarga berdasarkan kelas-kelas sosial. Implikasi tersebut berdasarkan kelas atas, kelas menengah dan kelas bawah yaitu Pertama, bertambahnya beban orang tua karena harus mendampingi anak belajar di rumah sedangkan orang tua juga harus melakukan pekerjaannya di rumah atau mencari nafkah. Kedua, Anak kurang bersosialisasi dengan teman disaat pandemi dan ditambah dengan anak belajar daring, sehingga terganggu perkembangan sosial anak. Ketiga Munculnya konflik dalam keluarga antar anak, antara anak dengan orang tua, dan konflik antara ayah dengan ibu.

References

Atsani, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-. Al-Hikmah. Jurnal Studi Islam, 82-93.

Basar, A. (2021). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19:(studi kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan , 208-218.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Premiere, 11.

Gularso, D., Suryantar, H., Rigianti, H. A., & Martono. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 100-103.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1635.

Nafisah, D. (2020). Peran orang tua dalam proses pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 terhadap siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan , 28-30.

Suciati, P. (2021). School from home (SFH): perjuangan para orang tua siswa usia dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Sosial humaniora terapan , 18-20

Published
2022-04-14
How to Cite
Afdila, N., Fatmariza, F., Montessori, M., & Muchtar, H. (2022). Implikasi Pembelajaran Daring Terhadap Kehidupan Keluarga pada Masa Covid-19. Journal of Civic Education, 5(1), 109-115. https://doi.org/10.24036/jce.v5i1.610

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.