Harmonisasi Antar Umat Beragama

Studi di Tanjung Basung II, Kecamatan Batang Anai

  • Amalia Nurul Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Akmal Akmal Universitas Negeri Padang
Keywords: harmonisasi, toleransi, agama

Abstract

Perbedaan agama dan etnis dalam satu lingkungan masyarakat biasanya sangat rawan terjadinya konflik. Namun hal ini tidak terjadi di Korong Tanjung Basung II, Kenagarian Sungai Buluh Barat, Kecamatan Batang Anai. Penelitian ini adalah salah satu kajian ilmiah yang membahas tentang harmonisasi antar umat beragama di Tanjung Basung II Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat islam dan masyarakat Kristen di Tanjung Basung II mampu menciptakan kehidupan yang harmonis. Hal ini dapat dilhat dari kehidupan sehari- hari dalam masyarakat seperti saling tegur sapa ketika berpapasan di jalan dan saling menghargai antar umat beragama, dan juga dapat dilihat dari berbagai kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyakat seperti pesta pernikahan (Baralek), Malakok, Tradisi Kesenian, Kegiatan Keolahragaan, serta kegiatan sosial lainnya seperti gotong royong atau melayat dengan ketentuan tidak ikut serta mendoakan dan mensholatkan jenazah yang berbeda agama.

References

Izzah, Lathifatul. 2013. Melihat Potret Harmonisasi Hubungan Antarumat Beragama Di Indonesia. Jurnal Religi, Vol. IX, No. 1, Januari 2013: 1-22.
Zakiyah. 2018. Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Pemenuhan Hak Siswa Penghayat Di Sekolah. Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, Volume 31, Nomor 2.
Jannah, Siti Miftahul & Muhammad Nawir 2. 2018. Harmonisasi Agama (Studi Kasus Koeksistensi Umat Beragama Di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu). Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol. VI. Issu 1.Juli-Desember 2018.
Ismardi, Arisman. 2014. Meredam Konflik Dalam Upaya Harmonisasi Antar Umat Beragama. Jurnal Media Komunikasi umat Beragama,Vol.6,No.2Juli-Desember 2014.
Suharyanto, Agung. 2013. Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal ilmu pemerintahan dan social politik, 2(1):192-203.
Dewi, Chandra Hazani. 2019. Pola komunikasi antar budaya dalam membangun harmonisasi masyarakat heterogen di kota mataram. Jurnal pendidikan dan ilmu social,Vol.1,No.2 Desember 2019.pendidikan antara islam, hindu, dan Kristen) di desa senduro, kec. Senduro, lumajang. Jurnal vicratina, Vol.3, No.1,Mei 2018.
Anwar, M.Khoiril. Muhammad Afdillah. 2016. Peran Ulama Di Nusantara Dalam Mewujudkan Harmonisasi Umat Beragama. Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan.Vol.4,No.1,2016.
Wirata, I Wayan. 2018. Harmonisasi Antar Umat Beragama Di Lombok. Jurnal Agama Hindu. Vol.21, No. 1.2018.
Aesah, Siti. 2019. Kerjasama umat beragama dalam menciptakan harmonisasi. Lembaga Kajian Keagamaan, universitas pamulang. Artikel ilmiah.
Sari, Indah permata 2020. Interaksi sosial antar umat beragama di kecamatan lut tawar aceh tengah. Jurnal sosiologi agama Indonesia. Vol.1, no. 1. 2020.
Safi’i, Imam 2018. harmonisasi kehidupan masyarakat (kajian nilai- nilai pendidikan anatara islam, hindu dan Kristen) di desa senduro, kec. Senduro, lumajang. Jurnal vicratina, vol. 3, no. 2018.
Riyadi, Hendar. 2016. Koeksistensi damai dalam masyarakat muslim modernis. Artikel ilmiah.
Fadli, Ahmad Irfan. 2019. Batasan Toleransi. Antar Umat Agama Dalam Kehidupan Sehari- Hari. JCMS Vo. 4, No. 1. 2019.
Indah, Dian. 2011. Model Pembelajaran Toleransi Antar Umat Beragama Dalam
PKNDI SMA Selamat Pagi Indonesia Kecamatan Bumiaji Kota Batu,.Malang: Universitas Negeri Malang. Skripsi.
Reza, M. Wahyu Vandrio. 2018. Sikap Toleransi Siswa Beragama Di Smp Negeri26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung. Skripsi.
Kusumawardhani, Anggun. 2013. Interaksi Sosial Antara Siswa Muslim Dengan Siswa Non Muslim Di Sma Katolik Yos Soedarso Pati. Jurusan Sosiologi Dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Dwintari, Julita Widya. 2016. Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan Kepercayaan Bagi Penghayat Kepercayaan (Studi Kasus Paguyuban Budaya Bangsa Di Kecamatan Gombong Kabupaten Kebumen). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi
Amalia, Nina. 2017. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Minoritas Muslim Di Sekolah Dasar Negeri 2 Pujiharjo Tirthoyudho Kabupaten Malang.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Skripsi.
Khairi, Miftahudin. 2016. Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa-siswi Di SMPN 14 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Mataram. Skripsi.
Sari, Anis Mustiya. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Nilai Toleransi Di Sekolah Menengan Pertama ( Studi Kasus Pada SMPN 3 Salatiga Tahun 2018). Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Skripsi.
Wiyanti, Retno. 2019. Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa gebangsari Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.Fakultas Ilmu Sosial Negeri Semarang. Skripsi.
Irfan. 2015. Harmonisasi Hubungan Sosial Antara Suku Di Desa Patila Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara (Suatu Pendekatan Sosiologi). Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah Islam Komunikasi UIN Alauddin Makasar. Skripsi.
Published
2021-12-27
How to Cite
Wahyuni, A., & Akmal, A. (2021). Harmonisasi Antar Umat Beragama. Journal of Civic Education, 4(3), 279-286. https://doi.org/10.24036/jce.v4i3.622

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.