Hubungan Level Pendidikan Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring di Kenagarian Kambang Barat

  • Liza Britiwi Universitas Negeri Padang
  • Nurman S Universitas Negeri Padang
Keywords: pembelajaran daring, pandemi covid-19, Pesisir Selatan

Abstract

Pembelajaran Daring yang dilakukan di rumah dirasakan sebuah beban yang berat bagi orang tua dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana proses pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring untuk anak-anaknya dalam pendidikan sekolah pada masa pandemi Covid-19 dan bagaimana hubungan level pendidikan orang tua dan solusi yang di tempuh orang tua terhadap keberhasilan anak dalam pembelajaran daring di rumah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di Kanagarian Kambang Barat Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling yang berjumlah 27 orang yang terdiri dari orang tua dan anak selama 3 bulan di Kenagarian Kambang Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memberikan motivasi, nasehat dan perhatian kepada anak selama proses pendampingan belajar. Adapun level pendidikan orang tua di Kenagarian Kambang Barat yang rata-rata tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) mereka memiliki kemampuan untuk mendampingi anaknya tetapi tidak memiliki waktu yang cukup untuk anaknya belajar di rumah. Penelitan ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran Daring menghendaki agar orang tua memprioritaskan atau mengalokasikan waktu pada anak-anak mereka untuk bisa mendampingi anak belajar di rumah.

References

Abd. Rahim Mansyur. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. Vol. 1. No. 2. Juli 2020. pp. 113-123.

Acep, dkk. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Ilmiah PGSD STKIP Subang Volume VI. Nomor 01. Juni 2020.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nika, Rita. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age. Universitas Hamzanwadi. Vol. 04. No. 1. Juni 2020.

Peraturan Bupati. 2020. Surat Edaran Tentang Panduan Pembelajaran TK/RA, SD/MI, SMP/MTs Dan SMA/SMK/MA Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sobron, dkk. 2020. Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo.

Suwarto, Hulman. 2018. Persepsi Orang Tua Terhadap Proses Bimbingan Belajar Anak Di Rumah. Jurnal SAP. Vol. 3. No. 1 Agustus 2018.

Wahdan, Saroh. 2019. Persepsi Masyarakat dan dampak Sistem Zonasi Untuk Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Vol 6. No. 2. Desember 2019.

Wahyu Aji Fatma Dewi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2. Nomor 1. April 2020.

Wiwin, dkk. 2021. Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5.

Published
2021-12-30
How to Cite
Britiwi, L., & S, N. (2021). Hubungan Level Pendidikan Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar Daring di Kenagarian Kambang Barat. Journal of Civic Education, 4(4), 312-318. https://doi.org/10.24036/jce.v4i4.624

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.